Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang KTT G20, Pemerintah Pacu Ekosistem Kendaraan Listrik di Bali

Pemerintah mempercepat ekosistem penyediaan kendaraan listrik di Bali jelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi V DPR,  di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi V DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah mempercepat ekosistem penyediaan kendaraan listrik di Bali jelang penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, dalam upaya mendukung perhelatan KTT G20 di Bali, sektor transportasi akan menyediakan bus listrik.

Bus listrik tersebut, katanya, akan digunakan sebagai sarana transportasi komuter dari Bandara Ngurah Rai ke lokasi penyelenggaraan G20.

“Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, kami akan memberikan dukungan transportasi yang ramah lingkungan, sebagai wujud komitmen Indonesia pada penanganan perubahan iklim yang menjadi isu global saat ini melalui kendaraan listrik,” ujarnya melalui siaran pers, Minggu (23/1/2022).

Menhub menegaskan bahwa akan mendorong semua pihak, termasuk para pelaku usaha transportasi massal swasta untuk menggunakan kendaraan listrik, dan berupaya mewujudkan ekosistem kendaraan listrik yang baik.

Caranya adalah melalui manajemen baterai, penyediaan tempat pengisian daya (charging), harga kendaraan listrik yang terjangkau, dan lain sebagainya.

“Kami terus mendorong agar tingkat keekonomian kendaraan listrik ini semakin baik kedepannya, sehingga lebih ekonomis dan lebih masif penggunaannya. Dengan menggunakan kendaraan listrik, lingkungan menjadi bersih dan kita menjadi bangsa yang masyhur, yang dikenal peduli terhadap lingkungan,” ucap Menhub.

Menurutnya, pengembangan ekosistem kendaraan listrik tidak akan hanya berhenti pada penyelenggaraan KTT G20 di Bali, tetapi menjadi langkah awal untuk mendorong percepatan ekosistem kendaraan listrik, sebagai transisi penggunaan energi bersih dan ramah lingkungan.

Beberapa upaya yang telah dilakukan Kemenhub untuk mendorong percepatan penggunaan kendaraan listrik secara massal, adalah memberikan insentif berupa penurunan tarif uji tipe untuk kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Kemudian, Selain itu, pada 17 Januari 2022 telah dilaksanakan touring dari Jakarta menuju Jambi dengan menggunakan kendaraan listrik untuk mendukung kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper