Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Tinjau Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Begini Progresnya

Presiden Jokowi dijadwalkan meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat pada hari ini, Senin (17/1/2022).
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 17 Januari 2022  |  13:29 WIB
Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani
Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (8/1/2022). Bisnis - Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Kabupaten Purwakarta pada hari ini, Senin (17/1/2022).

Dikutip melalui laman Sekretariat Kabinet (Setkab), Jokowi bertolak menuju Provinsi Jawa Barat, dalam rangka kunjungan kerjanya.

Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung berangkat ke Jawa Barat melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta. Dia bersama rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 08.00 WIB.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Husein Sastranegara, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Presiden Jokowi diagendakan untuk memberikan pengarahan pada Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan (Unpar).

Setelahnya, Presiden Jokowi bersama rombongan akan melanjutkan perjalanan menuju Pasar Sederhana, Kota Bandung untuk memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada para pedagang kaki lima dan warung.

Mengakhiri rangkaian kunjungan kerjanya di Provinsi Jawa Barat, Presiden Jokowi akan melakukan peninjauan terowongan 2 proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang ada di Kabupaten Purwakarta

Usai peninjauan, Presiden bersama rombongan akan langsung kembali ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, dengan menggunakan rangkaian kendaraan.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan telah meninjau proyek ini lebih dulu pada Rabu (12/1).

Luhut mengatakan terowongan 2 atau tunnel 2 menjadi salah satu kendala proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Penyebabnya, tanah yang yang digali untuk terowongan merupakan tanah lunak alias tanah lempung.

Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi menjelaskan, tunnel 2 Kereta Cepat Jakarta-Bandung memiliki panjang terowongan sekitar 1 kilometer berlokasi di Desa Bunder, Jatiluhur, Purwakarta. Di titik ini terdapat 300 meter jalur yang masih terkendala karena tanah lempung.

"Jadi kendala sebelumnya ini masalah clay soil ya, jadi memang di titik ini tanah yang lembut, lumpur jadi sehingga pada saat digali dengan ekskavator langsung runtuh, di sini (tunnel 2) kira-kira tinggal 300 meteran (masih terkendala)," ujarnya, Rabu (12/1/2022).

Luhut menargetkan proyek tersebut rampung pada akhir April 2022. Dia melanjutkan, rampungnya projek KCJB pada akhir April 2022 sekaligus menggenapkan 13 terowongan lainnya dengan total panjang keseluruhan 16.662 meter (m). Seluruh rangkaian pekerjaan ini telah mencakup 72,5 persen dari progress keseluruhan proyek.

“KCJB mendatangkan orang-orang hebat, yaitu para ahli di bidang konstruksi dari perguruan tinggi ternama di Indonesia, di mana mereka nanti akan dibantu oleh 17 ahli grouting dari Tiongkok, sehingga pekerjaan ini ditargetkan bisa rampung pada akhir April 2022,” ungkapnya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Kereta Cepat proyek kereta cepat jakarta-bandung
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top