Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Program Teman Bus Kemenhub Beroperasi Lagi per 16 Januari 2022

Kemenhub memastikan program Teman Bus beroperasi lagi per 16 Januari 2022.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 15 Januari 2022  |  20:04 WIB
Setiap bus mempunyai 1 pintu masuk di bagian depan dengan low deck dan 1 di pintu bagian tengah adalah high deck. Ini dilengkapi dengan peralatan IoT (internet of things) yang dapat memonitor perilaku pengemudi. /TemanBusn
Setiap bus mempunyai 1 pintu masuk di bagian depan dengan low deck dan 1 di pintu bagian tengah adalah high deck. Ini dilengkapi dengan peralatan IoT (internet of things) yang dapat memonitor perilaku pengemudi. /TemanBusn

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan program Buy The Service (BTS) Teman Bus atau bus bersubsidi akan beroperasi kembali mulai 16 Januari 2022.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi menjelaskan setelah sempat vakum beroperasi selama beberapa waktu sebelumnya, kini para operator telah siap melayani masyarakat kembali.

"Mulai besok para operator pemenang lelang akan mengoperasikan kembali rute-rute yang telah disepakati," kata Budi, Sabtu (15/1/2022).

Dia menjelaskan mengenai penghentian sementara operasional BTS di lima kota besar yang lelangnya pada akhir 2021. Proyek BTS sudah dilakukan semenjak 2020 dan ada penambahan kembali di 2021 sebanyak 5 kota besar.

Budi menuturkan sudah sekitar 10 kota besar yang disediakan oleh Kemenhub berupa pembenahan angkutan massal perkotaan. Dari 5 kota besar yang awal 2020 tidak ada masalah karena skemanya sudah multi years contract, tetapi untuk yang 2021 ada perubahan penyesuaian skema lelangnya.

Dari yang semula lelang umum menjadi lelang e-katalog. Sementara, untuk lelang e-katalog perlu ada justifikasi penyesuaian beberapa persyaratan yang ada sehingga sempat kami hentikan sementara.

Budi menambahkan karena ada permintaan dari beberapa daerah yang sudah melakukan kontrak dengan beberapa vendor dan para pengemudi, sehingga Ditjen Hubdat segera melakukan sejumlah penyesuaian.

“Kami minta dipercepat dan syukur alhamdulillah kemarin sore sudah ada kemajuan terkait proses lelang di 5 kota besar dari anggaran Ditjen Hubdat yang sempat berhenti [Makassar, Banjarbakula, Banyumas, Surabaya, dan Bandung] sudah dapat melakukan kegiatan mulai Minggu besok,” ujarnya.

Kemenhub, lanjutnya, sudah menyiapkan anggarannya, bahkan kalau nanti ada kekurangan sampai 1 tahun anggaran akan dicarikan anggaran untuk memenuhi operasional BTS selama 1 tahun.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub Teman Bus
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top