Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda Indonesia (GIAA) Perluas Rute Kargo Semarang-Singapura

Garuda Indonesia memperluas rute kargo Semarang-Singapura untuk mendukung peningkatan komoditas ekspor nasional dari daerah asal produsen.
Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Internasional Yogyakarta./Antara
Pesawat Garuda Indonesia di Bandara Internasional Yogyakarta./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) meresmikan layanan penerbangan langsung khusus kargo untuk rute Semarang - Singapura.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan akselerasi lini bisnis kargo dilakukan melalui pembukaan jaringan penerbangan internasional khusus kargo. Rute penerbangan yang langsung dibuka ini juga diharapkan bisa mendukung peningkatan komoditas ekspor nasional dari daerah asal produsen.

"Penerbangan tersebut mengangkut berbagai komoditas unggulan Jawa Tengah berupa produk perikanan serta berbagai komoditas ekspor dan produk UMKM lainnya yang diterbangkan dengan armada Boeing B737-800NG dengan kapasitas daya angkut hingga 12 ton," ujarnya, Kamis (13/1/2022).

Irfan mengharapkan aktivitas direct call ekspor ini dapat berlanjut. Mengingat, Jawa Tengah juga memiliki komoditas unggulan ekspor dengan tingkat pergerakan yang menunjukkan peningkatan secara signifikan setiap tahunnya.

Peningkatan terjadi utamanya pada tiga tahun belakangan ini.

Produk unggulan seperti hasil pertanian, perikanan memerlukan kecepatan waktu dan proses pengiriman guna menjaga kualitas kesegaran komoditas sehingga dapat menghasilkan produk yang lebih kompetitif di kancah global.

Penerbangan khusus kargo rute Semarang - Singapura ini dilayani sebanyak 1 kali setiap minggunya dan diberangkatkan dari Bandara Ahmad Yani, Semarang pada pukul 10.30 LT dan tiba di Bandara Internasional Changi, Singapura pada pukul 13.40 LT.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah,

Ganjar Pranowo turut menyampaikan apresiasinya atas penerbangan khusus kargo yang diberangkatkan langsung dari Semarang menuju Singapura ini. Ganjar menargetkan lewat ketersediaan konektivitas tersebut dapat menjadi gerbang bagi para pelaku UMKM di Jawa Tengah untuk meningkatkan kualitas produknya agar dapat memiliki nilai daya saing yang lebih di pasar internasional.

"Kami berharap ada peluang perluasan jaringan penerbangan langsung dari Jawa Tengah khususnya menuju negara-negara potensial tujuan ekspor lainnya," jelas Ganjar.

Sebelumnya Garuda Indonesia juga mengoptimalisasi jaringan penerbangan kargo dalam mendukung pergerakan komoditas ekspor unggulan nasional di antaranya dengan membuka rute penerbangan khusus kargo Surabaya - Makassar - Hong Kong, Denpasar - Hong Kong dan Manado – Narita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper