Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Negara Dapat Cuan Rp103,2 Triliun dari Sektor Migas di 2021

Indonesia tercatat telah mendapatkan pemasukan sebesar Rp103,2 triliun pada tahun lalu dari sektor minyak dan gas bumi. Capaian itu melampaui target yang ditetapkan seiring dengan meningkatnya harga minyak dunia.
Muhammad Ridwan
Muhammad Ridwan - Bisnis.com 14 Januari 2022  |  16:04 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif saat mengunjungi Blok Rokan. - Istimewa
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arifin Tasrif saat mengunjungi Blok Rokan. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia tercatat telah mendapatkan pemasukan sebesar Rp103,2 triliun pada tahun lalu dari sektor minyak dan gas bumi. Capaian itu melampaui target yang ditetapkan seiring dengan meningkatnya harga minyak dunia.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat, sepanjang tahun lalu sektor migas telah berkontribusi terhadap penerimaan negara bukan pajak (PNBP) senilai Rp103,2 triliun, lebih tinggi jika dibandingkan dengan target yang ditetapkan sebesar Rp75 triliun.

Adapun, subsektor migas tercatat menjadi penyumbang PNBP terbesar dari sektor ESDM dibandingkan dengan subsektor minerba menyumbang Rp75,5 triliun, subsektor EBTKE Rp1,9 triliun, dan subsektor lainnya senilai Rp8,6 triliun.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, capaian PNBP sektor ESDM secara keseluruhan telah melampaui target sepanjang tahun lalu.

“PNBP sektor ESDM ditargetkan sebesar Rp121,2 triliun, sedangkan realisasinya sebesar Rp189,2 triliun,” kata Arifin dalam paparannya belum lama ini.

Pada tahun ini, Arifin mengatakan, pemerintah akan menargetkan PNBP sektor ESDM sebesar Rp132,2 triliun, dengan subsektor migas yang masih diproyeksikan menjadi penyumbang terbesar.

PNBP subsektor migas ditargetkan bisa mencapai Rp85,9 triliun, subsektor minerba Rp28 triliun, subsektor EBTKE Rp2,4 triliun, dan subsektor lainnya ditarget mencapai Rp15,9 triliun.

“Kementerian ESDM terus mendorong PNBP melalui industri migas, minerba, dan panas bumi,” imbuhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

migas kementerian esdm pnbp
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top