Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina EP Temukan Cadangan Minyak di Jambi

Pertamina EP berhasil menemukan cadangan minyak bumi di Jambi melalui pengeboran sumur eksplorasi Sungai Gelam Timur-001 (SGET-001) yang berada di sekitar Field Jambi, Kabupaten Muaro Jambi.
Ilustrasi./ ANTARA - M Ibnu Chazar
Ilustrasi./ ANTARA - M Ibnu Chazar

Bisnis.com, JAKARTA – Pertamina EP berhasil menemukan cadangan minyak bumi di Jambi melalui pengeboran sumur eksplorasi Sungai Gelam Timur-001 (SGET-001) yang berada di sekitar Field Jambi, Kabupaten Muaro Jambi.

Direktur Utama PT Pertamina Hulu Rokan Jaffee Arizon Suardin mengatakan, Sumur SGET-001 terletak kurang lebih 8 kilometer dari fasilitas produksi existing SP GS-02, dan 14 kilometer dari fasilitas produksi SP Ketaling.

Melalui pengerjaan uji kandungan lapisan (drill stem test/DST) pertama yang dilakukan pada reservoir sandstone formasi air benakat pada interval 1.622-1.624 meter (mMD), pihaknya berhasil ditemukan sumber daya minyak dengan laju aliran sebesar 434 barel per hari (BOPD) dan gas 0.18 juta standar kaki kubik per hari (MMscfd).

Selanjutnya, perusahaan berencana akan melakukan DST kedua pada interval 1.491-1.495 meter (mMD) di formasi air benakat.

“Seluruh upaya ini merupakan wujud komitmen kami dalam meningkatkan cadangan dan produksi migas di Sumatra dan mendukung pencapaian target produksi migas nasional,” ujar Jaffee dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (14/1/2022).

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatra Bagian Selatan Anggono Mahendrawan mengapresiasi seluruh pihak yang turut andil dalam upaya menemukan cadangan migas di semua wilayah kerja hulu migas, khususnya di Sumatra Bagian Selatan.

Dia menambahkan, capaian tersebut dapat menjadi motivasi untuk mendorong semangat semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat dalam mendukung industri hulu migas dalam mencari cadangan migas yang lebih agresif ke depannya.

“Kita wajib optimistis bahwa tujuan bersama akan dapat diwujudkan, penemuan ini harus dapat membangkitkan semangat kita bersama, karena kemajuan industri hulu migas juga kemajuan kita semua,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Ridwan
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper