Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banjir Keluhan dari WNA, PHRI Skors Hotel Karantina C'One

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) menangguhkan operasional Hotel C'One Cempaka Putih, Jakarta, akibat keluhan dari para Warga Negara Asing terkair fasilitas yang buruk.
Ilustrasi hotel
Ilustrasi hotel

Bisnis.com, JAKARTA – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) memberikan skors bagi Hotel C'One Cempaka Putih, Jakarta. Hotel itu dinilai memberikan fasilitas buruk bagi warga negara asing atau WNA yang tengah menjalani isolasi mandiri saat tiba di Indonesia.

"Ini sekarang saya sedang suspend seminggu agar tak bisa menerima tamu. Soalnya memang banyak keluhan dari tamu-tamu," kata Koordinator Hotel Repatriasi PHRI Vivi Herlambang, dikutip dari tempo.co, Senin (10/1/2022).

Sanksi diberikan sejak Sabtu, 8 Januari 2022. Sejak awal, Vivi mengatakan sulit mencari hotel yang mau menjadi lokasi isolasi mandiri pasien positif Covid-19. Situasi Omicron yang makin banyak di Indonesia membuat kebutuhan akan hotel isolasi semakin mendesak.

"Hotel ini mau karena dia punya Pemda. Kami juga panik karena gak ada yang mau jadi hotel [untuk isolasi pasien] positif. Semua sudah ditawari, berat, pada gak mau. Pemda kemudian menawarkan ini," kata Vivi.

Sebelumnya, dilaporkan sejumlah WNA mengeluhkan buruknya fasilitas yang mereka dapatkan saat menjalani isolasi mandiri di hotel di kawasan Jakarta Pusat itu. Mulai dari protokol kesehatan yang buruk hingga kualitas kamar yang terlihat tak terawat.

Sebenarnya, Vivi mengatakan PHRI sudah memberi bimbingan agar fasilitas yang disediakan oleh hotel bisa semaksimal mungkin. Sayangnya, pihak hotel disebutnya tetap bandel.

"Protokol kesehatannya jelek. Akhirnya saya bilang jangan terima tamu dulu [skors]. Biar dibenerin dulu [pelayanan dan fasilitasnya]," kata Vivi.

Akhirnya, Vivi mengatakan hotel isolasi mandiri bagi WNA positif Covid-19 dipindahkan ke hotel baru. Sebagai gantinya, Sabtu kemarin satu hotel di kawasan Wahid Hasyim bersedia menjadi lokasi isolasi.

"Tapi sudah langsung 50 kamar terisi, penuh. Saya pusing. Ini kan lagi Omicron. Sekarang saya lagi cari lagi hotel lain untuk pasien positif," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper