Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangerang Raya Jadi Daerah Paling Prospektif untuk Properti

Tangerang Raya menjadi wilayah yang paling prospektif untuk sektor properti tahun ini. Wilayah penyangga Ibu Kota itu memiliki sederet kelebihan akses transportasi dan fasilitas umum lainnya yang bisa dimanfaatkan warganya.
Salah satu klaster perumahan di BSD City di Tangerang Selatan, Banten./Antara/Muhammad Iqbal
Salah satu klaster perumahan di BSD City di Tangerang Selatan, Banten./Antara/Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA – Tangerang Raya menjadi wilayah yang paling prospektif untuk sektor properti tahun ini. Wilayah penyangga Ibu Kota itu memiliki sederet kelebihan akses transportasi dan fasilitas umum lainnya yang bisa dimanfaatkan warganya.

Marine Novita, Country Manager Rumah.com, mengatakan bahwa pengembangan infrastruktur transportasi yang menghubungkan kota besar dengan daerah penyangganya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang sedang mencari hunian.

“Selain harga, infrastruktur transportasi, kelengkapan fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, fasilitas kesehatan dan pendidikan masih menjadi daya tarik utama bagi sejumlah wilayah yang diperkirakan akan menjadi incaran konsumen,” ujarnya, Rabu (29/12/2021).

Marine menuturkan, wilayah prospektif untuk properti di tahun ini adalah Tangerang Raya. Kecamatan Cipondoh dan Karang Tengah menjadi dua area yang paling prospektif di Kota Tangerang tahun ini.

Berdasarkan data Rumah.com Indonesia Property Market Index (RIPMI), pada kuartal III/2021, indeks harga properti di Cipondoh naik 29 persen secara tahunan, sedangkan Karang Tengah mencatat kenaikan indeks harga 41 persen secara tahunan.

“Lokasi Cipondoh yang berbatasan langsung dengan Jakarta Barat sangat menguntungkan. Beragam fasilitas umum, seperti mal, pusat perbelanjaan, dan fasilitas kesehatan kelas menengah atas dapat diakses penghuni di area ini dengan mudah,” katanya.

Menurut Marine, Cipondoh memiliki kawasan reservasi dan kawasan hijau di Situ Cipondoh, sehingga sangat ideal bagi pencari properti yang ingin hunian dekat ibu kota namun dengan kualitas udara dan lingkungan hidup yang lebih baik.

Cipondoh juga memiliki akses KRL Commuter Line dan KA Bandara di Stasiun Batuceper, serta akses tol Cengkareng–Batuceper–Kunciran.

“Kecamatan Karang Tengah terhubung dengan tol Jakarta–Tangerang–Merak. Terdapat tiga rumah sakit besar di area ini, salah satunya Mandaya Royal Puri Hospital yang merupakan RS tipe B dengan pelayanan kelas internasional. Karang Tengah juga berbatasan langsung dengan Jakarta Barat, sehingga warganya dapat dimanjakan oleh fasilitas umum yang lengkap,” ucapnya.

Dia menilai, kedua wilayah tersebut memiliki fasilitas umum yang lengkap dan beragam pilihan akses transportasi umum dan pribadi. Kebijakan insentif pembebasan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dari Pemerintah Kota Tangerang juga menambah daya tarik kedua area tersebut.

Sepanjang 2021, Tangerang Raya tampaknya menjadi kawasan yang paling diuntungkan oleh pembangunan infrastruktur transportasi, di mana pemerintah meresmikan tiga ruas jalan tol yang saling terhubung di wilayah tersebut, yaitu Cengkareng–Kunciran, Kunciran–Serpong, dan Serpong–Pamulang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper