Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sambut Nataru, Ini yang Dilakukan Jasa Marga (JSMR) di Jalan Tol

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. atau JSMR melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) memastikan kesiapan layanan transaksi, lalu lintas, konstruksi, dan tempat istirahat di Tol Jagorawi, Jakarta–Tangerang, Prof. Dr. Ir. Soedijatmo, Cawang–Tomang–Pluit, JORR Seksi E & W2S, Ulujami–Pondok Aren, Cipularang, serta Padaleunyi untuk Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini.
Tengara Jagorawi di salah satu titik ruas jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi. Jalan tol Jagorawi merupakan jalan tol pertama yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk./Jasa Marga
Tengara Jagorawi di salah satu titik ruas jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi. Jalan tol Jagorawi merupakan jalan tol pertama yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk./Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. atau JSMR melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) memastikan kesiapan layanan transaksi, lalu lintas, konstruksi, dan tempat istirahat di Tol Jagorawi, Jakarta–Tangerang, Prof. Dr. Ir. Soedijatmo, Cawang–Tomang–Pluit, JORR Seksi E & W2S, Ulujami–Pondok Aren, Cipularang, serta Padaleunyi untuk Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini.

Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Head Bagus Cahya mengatakan, pihaknya melakukan penyiagaan di seluruh ruas tol yang berada di bawah koordinasi perusahaan, seperti melakukan antisipasi kepadatan di gerbang tol, dan menghentikan pekerjaan konstruksi di jalan tol saat Nataru.

Selain itu, perusahaan juga menyiagakan rambu-rambu lalu lintas dan memastikan keberfungsiannya, serta menyiagakan petugas 24 jam untuk rekayasa atau penanganan lalu lintas.

“Kami juga melakukan tindakan pencegahan untuk antisipasi genangan atau longsor, berkoordinasi dengan stakeholders terkait, dan memastikan keberfungsian semua unit pendukung seperti CCTV, VMS, RTMS, dan radio komunikasi,” ujarnya dalam siaran pers, Selasa (21/12/2021).

Bagus menambahkan bahwa segala aktivitas yang dilakukan oleh petugas di lapangan, baik di jalur maupun di rest area harus tetap mengedepankan protokol pencegahan Covid-19 guna mewujudkan kenyamanan dan keselamatan petugas dan pengguna jalan.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Metropolitan Tollroad Tri Wahyu Subekti menuturkan, upaya peningkatan layanan juga dilakukan di Jalan Tol Jagorawi, di mana jalan tol tersebut masih menjadi jalur favorit pengguna jalan yang akan menuju ke Puncak, Bogor, dan daerah wisata di sekitarnya.

“Kami telah mengidentifikasi titik-titik yang berpotensi terjadi kepadatan, untuk itu kami memastikan tidak terdapat gangguan di lajur yang berdampak menambah kepadatan. Jasamarga Metropolitan Tollroad juga terus berkoordinasi dengan Patroli Jalan Raya (PJR) dan Kepolisian, untuk diskresi rekayasa lalu lintas jika dibutuhkan,” tutur Tri.

Sementara itu, General Manager Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Tollroad Nasrullah menjelaskan, pihaknya juga menggunakan mobile reader untuk memastikan kelancaran dan mengurangi antrean di gerbang tol, pemeliharaan peralatan tol dan pemenuhan armada lalu lintas.

Sementara itu, pada aspek keselamatan dilakukan pengecatan marka jalan tol, pemeliharaan rambu lalu lintas dan pemeliharaan pagar rumija tol, sedangkan pada aspek kenyamanan dilakukan pekerjaan pemeliharaan periodik dan perkerasan, serta pemeliharaan kebersihan saluran dan tanaman.

General Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Thomas Dwiatmanto menyampaikan bahwa pihaknya telah menyiagakan mobile reader sebanyak 44 buah yang tersebar di seluruh Gerbang Tol (GT) di Ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi, serta penyediaan layanan top-up mobile E-Toll pada GT Pasteur dan Cileunyi.

Selama pandemi Covid-19, Jasamarga Metropolitan juga secara konsisten memastikan layanan di tempat istirahat, seperti mushola, toilet, parkir, dan restoran memenuhi protokol penanganan Covid-19.

JSMR juga secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan, melakukan pembatasan parkir kendaraan, menyiapkan ruang khusus/isolasi, dan memastikan TIP sudah memiliki barcode check in-check out PeduliLindungi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper