Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Akhir Tahun, ASDP Raup Laba Bersih Rp317 Miliar

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatatkan kinerja yang positif di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, perseroan berhasil membukukan laba bersih induk sebanyak Rp317 miliar, naik 184 persen dibandingkan dengan realisasi periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp112 miliar.
Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi dalam media gathering di Jakarta, Rabu (15/12/2021). - Bisnis/Rahmi Yati
Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi dalam media gathering di Jakarta, Rabu (15/12/2021). - Bisnis/Rahmi Yati

Bisnis.com, JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatatkan kinerja yang positif di tengah pandemi Covid-19. Pasalnya, perseroan berhasil membukukan laba bersih induk sebanyak Rp317 miliar, naik 184 persen dibandingkan dengan realisasi periode yang sama tahun lalu yang sebesar Rp112 miliar.

Direktur Utama ASDP Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan, hingga November 2021 ASDP berhasil membukukan pendapatan induk sebesar Rp3,2 triliun, atau naik 14 persen dari realisasi periode tahun lalu sebesar Rp2,8 triliun.

“Selanjutnya, ASDP berhasilkan membukukan laba bersih induk sebesar Rp317 miliar, atau naik 184 persen dibandingkan dengan realisasi periode sama tahun lalu Rp112 miliar,” katanya dalam media gathering di Jakarta, Rabu (15/12/2021).

Namun begitu, dia menuturkan bahwa berdasarkan data produksi penyeberangan hingga November 2021, ASDP telah melayani sebanyak 3,57 juta penumpang atau turun 0,2 persen dari realisasi periode yang sama di 2020.

Penurunan tersebut, lanjutnya, juga diikuti dengan jumlah kendaraan roda dua dan tiga sebanyak 1,91 juta unit, atau turun 22 persen bila dibandingkan dengan realisasi periode yang sama tahun lalu.

Namun, untuk kendaraan roda empat atau lebih terjadi peningkatan sebesar 32 persen, atau sebanyak 2,44 juta unit bila dibandingkan dengan realisasi periode yang sama pada 2020.

“Ada pergeseran tren dari pejalan kaki dan pengguna sepeda motor ke mobil pribadi, sehingga traffic kendaraan roda empat mengalami peningkatan,” imbuhnya.

Dari sisi angkutan barang, Ira menyebut, ASDP berhasil mengangkut hingga 1,35 juta ton atau naik 48 persen dari realisasi periode yang sama tahun lalu.

Menurutnya, angkutan barang yang menjadi kekuatan sektor logistik juga menjadi penopang produksi penyeberangan ASDP selama pandemi Covid-19.

Hal itu sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang meminta distribusi logistik dan kebutuhan pokok tidak boleh terhambat di tengah pandemi Covid-19, sehingga layanan penyeberangan bagi sektor logistik harus terlayani dengan baik.

“Layanan terhadap angkutan logistik tetap beroperasi normal. ASDP melayani secara penuh truk barang, utamanya yang membawa barang kebutuhan pokok demi menjaga pasokan di daerah tetap stabil,” tutup Ira.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper