Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengadaan Pembangkit Energi Terbarukan Mesti Terbuka dan Cepat

Transisi energi menuju netral karbon atau net zero emission merupakan sebuah keniscayaan. Langkah ini juga harus dilakukan oleh Indonesia.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 13 Desember 2021  |  13:27 WIB
Energi terbarukan - bumn.go.id
Energi terbarukan - bumn.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) mendorong proses pengadaan pembangkit listrik energi terbarukan dilakukan secara terbuka dan cepat di tengah upaya transisi energi.

Ketua Umum APLSI Arthur Simatupang mengatakan bahwa transisi energi menuju netral karbon atau net zero emission merupakan sebuah keniscayaan. Begitupun langkah ini perlu dicapai Indonesia.

"Dibutuhkan proses pengadaan yang transparan dan cepat untuk dapat mengakselerasi investasi di EBT sebagai pemenuhan kebutuhan tambahan listrik ke depan," katanya kepada Bisnis, Senin (13/12/2021).

Lebih lanjut, dia menyebut APLSI sudah memiliki rekam jejak dalam pengembangan kelistrikan swasta. Asosiasi juga menyatakan kesiapan mengambil peranan dalam peningkatan porsi energi baru terbarukan (EBT).

Menurutnya, percepatan pengembangan energi terbarukan memerlukan kerja sama antara pemerintah dengan pelaku usaha swasta yakni independent power producer (IPP). Upaya ini untuk memastikan keberhasilan proses transisi energi.

Di dalam negeri, asosiasi menyadari potensi pengembangan bisnis EBT cukup besar. Beberapa sumber daya dimiliki sebagai sumber energi dari surya, air, angin, biomassa hingga waste to energy. Pengembangan energi hijau diyakini akan mempercepat penurunan emisi karbon.

Di sisi lain, asosiasi mendorong peningkatan penggunaan listrik dalam aktivitas kesehatan masyarakat. Beberapa di antaranya seperti kompor listrik maupun kendaraan listrik baik roda dua maupun roda empat. Kendati demikian, dia menekankan keandalan listrik harus tetap terjaga di tengah upaya transisi ini.

"Sehingga transformasi keseluruhan value chain ecosystem dapat tercipta dengan baik," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

energi baru terbarukan pembangkit listrik ebt Transisi energi
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top