Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erupsi Gunung Semeru, AirNav Arahkan Pesawat Lewat Utara Jawa

AirNav Indonesia masih melakukan langkah antisipasi terhadap potensi dampak abu vulkanik erupsi Gunung Semeru hingga hari ini, Minggu (5/12/2021) dengan mengarahkan pesawat untuk mengambil rute di Utara Pulau Jawa.
Gunung Semeru yang mengeluarkan awan panas terlihat dari Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Gunung Semeru yang mengeluarkan awan panas terlihat dari Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Minggu (5/12/2021). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, JAKARTA – AirNav Indonesia masih melakukan langkah antisipasi terhadap potensi dampak abu vulkanik erupsi Gunung Semeru hingga hari ini, Minggu (5/12/2021) dengan mengarahkan pesawat untuk mengambil rute di Utara Pulau Jawa.

Sejak terjadi erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.32 WIB, AirNav Indonesia terus melakukan update informasi terkait potensi dampak sebaran abu vulkanik terhadap operasional penerbangan.

Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi menjelaskan, pihaknya telah melakukan koordinasi antarwilayah Flight Information Region (FIR) Ujung Pandang dan Jakarta untuk sementara tidak menggunakan rute W33 di sebelah selatan Surabaya.

Selain itu, AIrNav juga berkoordinasi dengan penyelenggara bandar udara di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur untuk terus melakukan update hasil paper test yang dapat mengidentifikasi intensitas sebaran abu vulkanik di lokasi masing-masing.

“Kami juga mengarahkan pesawat yang terbang pada rute di atas Gunung Semeru untuk terbang melewati rute di sebelah utara Pulau Jawa,” ujarnya melalui keterangan resmi, Minggu (5/12/2021).

AirNav pun telah merilis sejumlah ASH NOTAM (ASHTAM) terkait aktivitas erupsi Gunung Semeru tersebut dengan perkembangan detail terakhir pada Minggu (5/12/2021).

Pertama, ASHTAM 2176 dengan status RED ALERT yang mengidentifikasi bahwa tidak ada abu vulkanik yang terpantau melalui citra satelit dan tidak terdapat laporan terbaru terkait aktivitas erupsi Gunung Semeru.

“Hasil paper test yang dilakukan di beberapa bandara [Juanda–Surabaya, Yogyakarta International Airport, Notohadinegoro–Jember, Banyuwangi International Airport, dan Abdul Rahman Saleh–Malang menyatakan negatif abu vulkanik,” imbuhnya.

Berdasarkan data tersebut, dia menegaskan bahwa aktivitas erupsi Gunung Semeru tidak banyak berpengaruh terhadap operasional pelayanan navigasi penerbangan oleh AirNav Indonesia, baik di Cabang Surabaya, Denpasar, Jember, Banyuwangi, Malang, Semarang, Yogyakarta maupun Solo.

“Tidak ada rute penerbangan yang terdampak sebaran abu vulkanik dan tidak ada jadwal penerbangan yang terdampak aktivitas erupsi Gunung Semeru,” tekannya.

Selanjutnya, AirNav akan berkoordinasi dengan stakeholders penerbangan terkait, dan bersiaga jika terdapat update informasi dampak erupsi Semeru yang berpotensi mempengaruhi operasional penerbangan.

AirNav juga akan melaporkan update informasi terkini, terutama kepada para pengguna jasa untuk memastikan semua penerbangan dapat terhindar dari sebaran abu dari Gunung Semeru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper