Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Cara Bayar Tagihan dan Beli Token Listrik Lewat PLN Mobile

PLN berkomitmen memberikan kemudahan pembayaran tagihan dan pembelian token listrik.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 29 November 2021  |  09:59 WIB
Warga melakukan isi ulang pulsa listrik di salah satu perumahan, Jakarta, Rabu (6/1/2016). PT PLN (Persero) berencana akan membebaskan biaya tambah daya listrik untuk pelanggan 450 dan 900 ke 1.300 Volt Ampere (VA) yang berlaku bagi pelanggan rumah tangga.  -  Antara/M Agung Rajasa
Warga melakukan isi ulang pulsa listrik di salah satu perumahan, Jakarta, Rabu (6/1/2016). PT PLN (Persero) berencana akan membebaskan biaya tambah daya listrik untuk pelanggan 450 dan 900 ke 1.300 Volt Ampere (VA) yang berlaku bagi pelanggan rumah tangga. - Antara/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA – PT PLN (Persero) memberikan kemudahan dalam membayar tagihan dan membeli token listrik melalui aplikasi PLN Mobile.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi mengatakan bahwa perseroan berkomitmen memberikan kemudahan pembayaran tagihan dan pembelian token listrik.

"Sekarang PLN Mobile bisa dibilang super app karena pelanggan juga dapat dengan mudah dan cepat membayar tagihan atau membeli token listrik," katanya dalam keterangan resmi, Senin (29/11/2021).

Setidaknya terdapat tiga pilihan menu yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran tagihan atau membeli token listrik.

Opsi Pertama

1. Pilih menu "Kelistrikan"

2. Pilih ID pelanggan yang akan dilakukan proses pembayaran rekening listrik, atau

3. Menuju pada menu “Pemberitahuan” untuk ID pelanggan pascabayar yang telah didaftarkan pada akun PLN Mobile.

Opsi Kedua

1. Pilih Menu “Token dan Pembayaran”

2. Masukkan nomor ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran apabila belum terdaftar pada akun PLN Mobile, atau

3. Pilih ID pelanggan yang akan dilakukan pembayaran (apabila sudah terdaftar pada akun PLN Mobile) Opsi Ketiga Menuju pada fitur “Pemberitahuan”, apabila pelanggan telah mendaftarkan ID pelanggan pada PLN Mobile akan tertampil pemberitahuan antara lain Tagihan Listrik (Pasca Bayar), Sisa Token (Pra Bayar), dan pemadaman yang terjadi hingga info Nyala akibat pemadaman.

Setelah memilih salah satu opsi di atas, pelanggan akan ditujukan untuk melakukan pembayaran. Pada proses ini, pilih 'Pilih Tagihan'. Kemudian muncul detail tagihan dan klik 'Lanjutkan Pembayaran'. Selanjutnya, pelanggan dapat memilih metode pembayaran dan bayar.

Pada tahap ini, pengguna dapat melihat detail transaksi apabila sudah melakukan pembayaran serta menerima notifikasi transaksi. Sementara itu, untuk pembelian token listrik, pelanggan akan diarahkan pada beberapa instruksi setelah mengikuti salah satu opsi di atas.

Setelah itu, pilih ID Pel/No Meter dan akan tampil daftar tagihan. Kemudian klik 'Beli Token.' Selanjutnya, pilih nominal token yang akan dibeli lanjutkan ke pembayaran. Kemudian pelanggan tinggal memilih metode pembayaran dan Bayar.

"Maka dari itu, bagi pelanggan PLN yang belum memiliki PLN Mobile dapat segera mengunduh secara gratis melalui PlayStore atau AppStore untuk mendapatkan informasi dan layanan kelistrikan terkini," ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN token listrik
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top