Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tol Akses Bandara BIJB Kertajati Siap Beroperasi

Pembangunan ruas Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang terkoneksi dengan Tol Cikopo–Palimanan (Cipali) sepanjang 3,38 kilometer sudah rampung konstruksinya secara keseluruhan, dan siap untuk dioperasikan dalam waktu dekat.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 27 November 2021  |  01:06 WIB
Kendaraan melintas di Tol Cikopo-Paliman, Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Menjelang Lebaran, salah satu titik kepadatan arus mudik di ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) terpantau sepi dikarenakan adanya larangan mudik dari Pemerintah demi mencegah penyebaran wabah COVID-19. ANTARA FOTO - Nova Wahyudi
Kendaraan melintas di Tol Cikopo-Paliman, Ciwaringin, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (21/5/2020). Menjelang Lebaran, salah satu titik kepadatan arus mudik di ruas tol Cikopo-Palimanan (Cipali) terpantau sepi dikarenakan adanya larangan mudik dari Pemerintah demi mencegah penyebaran wabah COVID-19. ANTARA FOTO - Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA – Pembangunan ruas Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati yang terkoneksi dengan Tol Cikopo–Palimanan (Cipali) sepanjang 3,38 kilometer sudah rampung konstruksinya secara keseluruhan, dan siap untuk dioperasikan dalam waktu dekat.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Koentjahjo Pamboedi mengatakan, ruas Akses Tol Kertajati yang terkoneksi dengan Jalan Tol Cipali sudah selesai secara fisik sejak September 2021.

Tol itu pun telah melakukan uji laik fungsi dan telah diterbitkan sertifikat laik operasinya untuk siap dioperasikan.

“Saat ini sedang dilakukan proses untuk penerbitan SK Pengoperasian oleh Bapak Menteri PUPR. Dalam waktu dekat, dan semoga dapat segera dioperasikan untuk dinikmati oleh masyarakat,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (26/11/2021).

Terbangunnya Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati itu akan mengoptimalkan fungsi dari Bandara tersebut, karena saat ini BIJB Kertajati baru menggunakan jalan provinsi.

“Sehingga melalui kehadiran akses Tol ini akan mempercepat waktu tempuh berkendara. Diperkirakan untuk area Jawa Barat dari Karawang, Bandung, hingga Cirebon dapat menggunakan bandara Kertajati ini, baik untuk kegiatan domestik maupun internasional,” katanya.

Ruas Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT ASTRA Tol Cipali yang sekaligus mengoperasikan Jalan Tol Cipali, serta PT Pembangunan Perumahan (Persero) dan PT ACSET Indonusa Tbk. selaku kontraktor pelaksana.

Uniknya, pada pembangunan Jalan Tol Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati terdapat ikon patung berbentuk angklung khas Jawa Barat di tengah Simpang Susun Kertajati yang terkoneksi dengan jalan Tol Cipali.

Sebagai informasi, Jalan Tol Akses BIJB Kertajati memberikan peran penting dalam mendukung pengembangan segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat, yaitu Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Bandara Kertajati di Kabupaten Majalengka, dan kawasan di Bekasi, Karawang, serta Purwakarta sebagai sebuah kawasan industri yang saling terkoneksi dan saling mendukung agar berdaya saing.

Dengan dibangunnya Jalan Tol Akses BIJB Kertajati bersamaan dengan target rampungnya pembangunan Jalan Tol Cisumdawu pada akhir tahun 2021, diharapkan juga akan mendukung konektivitas menuju ke Bandara dengan mengurangi waktu tempuh dari Bandung sekitar 3 jam menjadi 1 jam.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalan tol bpjt bandara kertajati
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top