Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhub Minta Prioritaskan Pembangunan yang Bernilai Guna

Menhub Budi Karya meminta pembangunan transportasi diprioritaskan yang bernilai guna bagi masyarakat.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi V DPR,  di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi V DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprioritaskan pembangunan proyek infrastruktur transportasi yang benar-benar berdampak dan bernilai guna, sehingga bisa langsung dirasakan manfaatnya kepada pengguna jasa.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyampaikan sejumlah hal yang harus ditindaklanjuti guna meningkatkan kinerja kementerian ke depannya.

Sejumlah hal tersebut terkait dengan pengelolaan SDM, manajemen organisasi, antisipasi lonjakan kasus Covid-19 pada masa Libur Natal dan Tahun Baru, dan sejumlah program strategis di sektor transportasi.

Sejumlah program strategis transportasi yang turut dibahas dalam rapat kerja yaitu terkait peningkatan program Buy the Service (BTS) di transportasi darat, pengembangan digitalisasi pelayanan di transportasi laut, dan pengendalian pengoperasian drone untuk berbagai kepentingan di transportasi udara.

“Ke depan, kita harus fokus terhadap salah satu proyek yang bernilai guna. Alokasi dana jangan disebar ke banyak pos, khususnya yang kurang optimal dari segi dampak. Jangan memaksakan diri untuk melakukan terlalu banyak program atau kegiatan yang justru tidak dapat dikelola dengan baik,” ujarnya melalui siaran pers dikutip, Minggu (7/11/2021).

Menhub menambahkan harus ada upaya peningkatan pemantauan atau monitoring terhadap proyek pembangunan infrastruktur transportasi maupun program strategis lainnya, dan disertai dengan target kinerja yang jelas.

“Masing-masing Dirjen dan Kepala Badan agar melakukannya dengan terencana, agar kita percaya diri dalam menetapkan langkah dan kebijakan. Kita harus merumuskan ide baru dan melakukan pekerjaan dengan lebih cerdas, agar target yang ditetapkan bisa tercapai dengan usaha yang proporsional,” imbuhnya.

Menhub meminta kepada jajarannya untuk tetap kritis terhadap upaya pengembangan konektivitas dan mendorong sektor lain untuk ikut bergerak mendukung pengembangan sektor transportasi. Menhub juga meminta jajaranya untuk menyederhanakan proses yang bersifat administratif, agar tidak menyita waktu dan pemikiran.

Lebih lanjut, Menhub juga menyoroti tentang upaya peningkatan kualitas SDM di Kemenhub maupun di sektor transportasi.

“Sebagaimana arahan Presiden bahwa SDM merupakan faktor yang paling penting untuk kemajuan bangsa Indonesia,” tekannya.

Oleh karena itu, Menteri yang akrab disapa BKS tersebut telah meminta Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan secara kontinyu menciptakan dan membangun SDM transportasi yang berkualitas, dengan membuat program kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas SDM, misalnya yaitu: membuat program manajemen talenta (talent pool).

Program ini penting agar bisa terbentuk suatu mekanisme dimana setiap orang yang mempunya kelebihan kompetensi bisa menularkan kemampuannya kepada yang lain. Jika ada individu yang mempunya keunggulan kompetensi bisa diberikan beasiswa ataupun promosi jabatan yang proposional.

Tak hanya itu, Menhub juga memastikan membuka kesempatan bagi pegawai disabilitas yang bekerja di Kemenhub untuk berperan aktif dalam memberikan masukan yang positif bagi sektor transportasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper