Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Expo 2020 Dubai, Jokowi Bakal Rampungkan Perundingan Dagang UEA

Jokowi bakal ditemani Penguasa de facto Uni Emirat Arab Pangeran Mohammed bin Zayed saat gelaran National Day awal November mendatang.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 31 Oktober 2021  |  14:57 WIB
Expo 2020 Dubai, Jokowi Bakal Rampungkan Perundingan Dagang UEA
Presiden Jokowi bertolak menuju Roma, Italia, dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (29/10/2021) pagi. - BPMI Setpres/Laily Rachev
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menuturkan Indonesia bakal menggelar National Day di perhelatan internasional Expo 2020 Dubai. Acara yang diselenggarakan pada 4 November 2021 di Al Wasl Plaza, Dubai, Uni Emirat Arab itu akan dihadiri Presiden Joko Widodo atau Jokowi.  

Kehadiran Jokowi saat gelaran itu dinilai untuk memperkuat partisipasi Indonesia dalam pameran berskala global sekaligus menjadi bagian dari rangkaian peran aktif terhadap upaya tanggap krisis perubahan iklim lewat Konferensi Para Pihak Perubahan Iklim PBB ke-26 (COP26) yang akan berlangsung di Glasgow, Skotlandia, hingga persiapan sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada tahun 2022 mendatang. 

“Selain itu, kunjungan Presiden sekaligus meneruskan diplomasi hubungan bilateral dalam Perundingan Persetujuan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Uni Emirat Arab (IUEA- CEPA), yang memberi kesempatan besar bagi Indonesia untuk mendapat sorotan potensi yang lebih luas dan menjanjikan di mata dunia,” kata Lutfi melalui keterangan resmi, Minggu (31/10/2021). 

Jokowi bakal ditemani Penguasa de facto Uni Emirat Arab Pangeran Mohammed bin Zayed saat gelaran National Day awal November mendatang. Sementara itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan turut meluncurkan sebuah inisiatif bertajuk Indonesia Spice Up The World, untuk mengenalkan kekayaan rempah lokal ke dunia.

Sementara itu, mengusung konsep “Land of Diversity”, perayaan National Day Indonesia akan menggambarkan sejarah kekayaan budaya Tanah Air di masa lalu, seraya mengenalkan potensi dan peluang keterbukaan Indonesia kepada dunia saat ini.

“Kehadiran Presiden Jokowi bersama dengan beberapa menteri terkait di ajang National Day sekaligus menjadi komitmen nyata pemerintah dalam menjaga hubungan baik dengan Uni Emirat Arab (UEA) sebagai penyelenggara Expo 2020 Dubai dan mitra penting Indonesia di Timur Tengah,” kata Lutfi. 

Gelaran itu dirangkum dalam pertunjukan seni dan budaya yang dimeriahkan oleh para penampil terbaik Tanah Air, termasuk di antaranya penyanyi muda Tanah Air, Lyodra Ginting. National Day Indonesia akan berlangsung di Al Wasl Plaza, World Expo 2020 Dubai pada 4 November 2021, mulai pukul 18.00 waktu setempat, atau pukul 21.00 WIB. 

Melalui National Day, perhatian dunia diharapkan tertuju pada potensi perdagangan di Indonesia. Hal tersebut membuka kesempatan lebih luas bagi banyak pihak untuk menjalin hubungan strategis dalam jangka panjang di sektor perdagangan, investasi, dan pariwisata. 

“Selain itu, National Day juga ditargetkan dapat menjaring lebih banyak khalayak untuk berkunjung ke Paviliun Indonesia, yang merupakan jendela dunia dalam menyelami potensi Indonesia secara lebih mendalam,” kata dia. 

National Day ditargetkan mencetak kunjungan hingga 2,5 juta orang, atau total 10 persen dari total pengunjung Expo, Paviliun Indonesia akan menyajikan 26 tema mingguan, lebih dari 75 forum bisnis, serta 300-an jenis produk UMKM siap ekspor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi KTT G20 IUEA-CEPA
Editor : Muhammad Khadafi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top