Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Mandiri Ramal Investasi pada Kuartal IV/2021 Akan Meningkat

Realisasi investasi pada kuartal akhir tahun ini berpotensi mengalami rebound seiring dengan pelonggaran PPKM
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 29 Oktober 2021  |  21:43 WIB
Presiden Jokowi bertolak ke Provinsi Papua guna melakukan kunjungan kerja pada Jumat (01/10/2021), didampingi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto - BPMI Setpres - Laily
Presiden Jokowi bertolak ke Provinsi Papua guna melakukan kunjungan kerja pada Jumat (01/10/2021), didampingi Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto - BPMI Setpres - Laily

Bisnis.com, JAKARTA - Realisasi investasi pada kuartal III/2021 tercatat mencapai Rp216,7 triliun, tumbuh 3,7 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

Secara kuartalan, realisasi terkontraksi sebesar -2,8 persen (quarter-to-quarter/qtq) sebab kenaikan kasus Covid-19 yang dipicu varian Delta. Ke depannya, realisasi diperkirakan membaik pada kuartal IV/2021.

Ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman mengatakan  nilai investasi pada kuartal akhir tahun ini berpotensi mengalami rebound seiring dengan pelonggaran PPKM, yang sebelumnya sempat diperketat pada Juli-Agustus lalu.

"Kami melihat bahwa aktivitas investasi pada kuartal akhir tahun ini akan berpotensi rebound di tengah percepatan pemulihan ekonomi setelah relaksasi pembatasan kegiatan masyarakat," jelas Faisal pada kajian, Jumat (29/10/2021).

Foreign Direct Investment (FDI) atau investasi asing langsung secara khusus diperkirakan akan kembali mengalami pertumbuhan di kuartal IV/2021. Katalis positif dari proyeksi ini, tambah Faisal, masih berasal dari agenda reformasi struktural dan reformasi perpajakan.

Pada kuartal III/2021, Penanaman Modal Asing (PMA) tercatat lebih rendah dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN). PMA pada periode tersebut terealisasi sebesar Rp103,2 triliun, atau terkontraksi secara kuartalan sebesar -2,7 persen (qtq) dan tahunan -11,6 persen (yoy).

Namun, PMDN justru tumbuh positif dengan nilai realisasi Rp113,5 triliun, atau tumbuh 10,3 persen (qtq) dan 6,8 persen (yoy).

Hingga saat ini, realisasi investasi sudah mencapai 73,3 persen dari target Rp900 triliun untuk sepanjang 2021. Faisal mengestimasi kontribusi investasi dalam PDB akan berekspansi 4-5 persen di 2021.

"Kami mengestimasi gross fixed capital formation [GFCF] dalam PDB berekspansi hingga 4-5 persen di 2021," pungkasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi bank mandiri investasi asing
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top