Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hikvision Hadirkan Penggunaan Sistem Akses Kontrol Gedung Terintegrasi

Penggunaan Sistem akses kontrol dalam sebuah sistem keamanan gedung bukan merupakan hal yang baru. Seiring dengan perkembangan teknologi, sistem akses kontrol dapat diintegrasikan dengan berbagai elemen keamanan lain, seperti kamera CCTV.
MG Noviarizal Fernandez
MG Noviarizal Fernandez - Bisnis.com 27 Oktober 2021  |  08:19 WIB
Ilustrasi - freepik.com
Ilustrasi - freepik.com

Bisnis.com, JAKARTA- Penggunaan Sistem akses kontrol dalam sebuah sistem keamanan gedung bukan merupakan hal yang baru. Seiring dengan perkembangan teknologi, sistem akses kontrol dapat diintegrasikan dengan berbagai elemen keamanan lain, seperti kamera CCTV.

Dengan adanya integrasi, pengelola gedung dapat meminimalisir penyalahgunaan akses, memonitor kinerja karyawan gedung, dan melakukan efisiensi sumber daya keamanan gedung. Untuk memudahkan pengelola gedung dalam melakukan integrasi sistem keamanan, Hikvision hadir sebagai solusi keamanan gedung.

Sebuah gedung yang digunakan untuk berbagai aktivitas pasti tidak akan lepas dari faktor keamanan dan keselamatan. Faktor keamanan sebuah gedung, terutama sebuah gedung perkantoran, adalah salah satu hal yang memerlukan perhatian ekstra dari pihak pengelola gedung.

Hal ini tidak lepas dari arus lalu lintas orang yang masuk maupun keluar dari sebuah gedung. Tingkat keamanan gedung tentu bisa terancam apabila akses lalu lintas orang yang memasuki gedung tidak dibatasi. Terutama pada area - area penting sebuah gedung seperti gudang atau ruangan eksekutif. Untuk meminimalisir hal ini, maka gedung perkantoran memerlukan sebuah sistem akses kontrol.

Penggunaan sistem akses kontrol memang sudah bukan hal yang baru bagi gedung perkantoran. Dalam penggunaan sistem akses kontrol, pengunjung ataupun orang yang beraktivitas di dalam gedung wajib menunjukkan kredensial yang mereka miliki untuk mendapat akses masuk ke dalam sebuah area.

Bentuk kredensial ini bisa bermacam - macam, mulai dari kartu pengenal, sampai kode biometrik seperti sidik jari. Seiring dengan berkembangnya teknologi, sistem akses kontrol dapat diintegrasikan dengan kamera CCTV untuk memberikan data yang lebih akurat terhadap orang yang menggunakan akses ke area tertentu. Integrasi sistem akses kontrol ini dapat digunakan pada area krusial dimana hanya beberapa pihak saja yang memiliki akses.

Ada beberapa keuntungan didapatkan oleh pengelola gedung jika menerapkan sistem akses kontrol terintegrasi.

♦  Meminimalisir Penyalahgunaan Akses

Dengan adanya sistem akses kontrol yang terintegrasi, pengelola gedung dapat dengan mudah mengidentifikasi orang yang menggunakan akses masuk ke dalam sebuah ruangan.

Hal ini terutama penting bagi gedung yang menggunakan sistem akses kontrol yang menggunakan bentuk fisik seperti kartu ID. Akses bentuk kartu dapat dengan mudah berpindah tangan, sehingga masih rawan untuk disalahgunakan. Dengan integrasi sistem akses kontrol dengan rekaman CCTV, setiap akses ke suatu area memiliki catatan yang lebih sempurna.

♦  Sarana Evaluasi Kinerja Karyawan 

Penggunaan Sistem akses kontrol juga memudahkan perusahaan untuk memantau kinerja karyawan. Dalam hal ini misalkan ketepatan waktu datang ke ruang kerja, berapa lama karyawan tersebut lembur, dan lain sebagainya. Di masa pandemi seperti ini, integrasi sistem akses kontrol dengan kamera CCTV yang mampu mengukur suhu tubuh dapat membuat perusahaan lebih mudah untuk memonitor kesehatan karyawan.

♦  Efisiensi Sumber Daya Keamanan Gedung

Penerapan sistem akses kontrol yang terintegrasi memungkin pengelola gedung untuk memantau segala aspek keamanan dari satu sistem sentral. Hal ini tentu mengurangi biaya pengamanan tambahan seperti petugas keamanan di setiap lantai.

Selain itu, dengan adanya sentralisasi, proses audit keamanan gedung juga dapat dilakukan secara lebih cepat dan mudah. Seperti sistem akses kontrol melaporkan adanya akses masuk, tetapi kamera tidak dapat mengidentifikasi, maka pihak keamanan dapat langsung menanggulangi kondisi tersebut.

Pengintegrasian sistem akses kontrol dengan elemen keamanan lainnya memang terdengar rumit dan memerlukan berbagai sumber daya tambahan. Namun hal ini dapat dengan mudah dilakukan apabila pengelola gedung memiliki platform sentral yang mampu mengelola segala bentuk integrasi dari berbagai elemen keamanan seperti kamera CCTV, sistem akses kontrol, sampai alarm kebakaran. Untuk memenuhi kebutuhan akan platform integrasi ini.

Hikvision menghadirkan HikCentral Enterprise sebagai solusi integrasi keamanan gedung. Dengan sifatnya yang sebagai platform terbuka, HikCentral Enterprise dapat dengan mudah digunakan untuk mengintegrasikan berbagai perangkat keamanan yang dimiliki, seperti sistem akses kontrol yang telah terpasang. Berikut ini beberapa keunggulan yang ditawarkan HikCentral Enterprise.

♦     Bukan hanya sebagai pengaman, HikCentral Enterprise hadir sebagai platform guna meningkatkan efisiensi dari berbagai sistem keamanan. HikCentral Enterprise membantu integrasi berbagai elemen pengamanan agar dapat memberikan performa dan data yang lebih baik.

♦     Pada fitur keamanan commercial, HikCentral Enterprise hadir dengan teknologi Artificial Intelligence. Dengan terobosan ini, HikCentral Enterprise tidak sekadar memperkuat sisi pengamanan, tetapi juga dapat memberikan solusi keamanan secara menyeluruh. Sebagai contoh, fitur kamera ANPR serta panduan tempat parkir (Parking Guidance) pada HikCentral Enterprise Commercial dapat meningkatkan efisiensi dalam melakukan pengaturan parkir dan management kendaraan. Lebih dari itu, HikCentral Enterprise Commercial juga menawarkan berbagai solusi untuk Pengelolaan Akses,  mulai dari Visitor Management, akses untuk tenant hingga sistem akses kontrol dan absensi karyawan dengan menggunakan berbagai Autentifikasi.

♦    Sementara pada fitur keamanan retail, teknologi Artificial Intelligence HikCentral Enterprise berguna untuk memberikan solusi yang komprehensif guna meningkatkan efisiensi dari eksekusi berbagai strategi yang tepat untuk industri retail saat ini. Selain inteditifkasi  titik panas pada suatu toko, Hikvision juga mempunyai solusi untuk meningkatkan daya jual dan pelayanan.

Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan strategi proactive marketing. Sebagai contoh, dengan menggunakan kamera CCTV dengan fitur customer analysis, data tersebut dapat diintegrasikan dengan CLV customers data. Dengan teknik ini, sistem dapat melakukan pendeteksian otomatis ketika pelanggan yang ada dalam daftar prioritas berkunjung ke toko.

Ketika konsumen tersebut terdeteksi, sistem dapat memberi notifikasi kepada petugas atau karyawan toko bahwa ada pelanggan prioritas datang. Sehingga karyawan toko dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan prioritas ini. Selain itu, CCTV dengan fitur customers analysis juga dapat digunakan untuk identifikasi presisi, di mana kamera mampu mengenali mana petugas, karyawan dan pelanggan.

Teknologi ini dapat membantu pengelola toko untuk mendapatkan data pelanggan yang akurat untuk kemudian digunakan dalam penyusunan strategi selanjutnya. Selain itu ada fitur yang hanya ada di HikCentral Enterprise Retail adalah Remote Audit untuk menjawab keinginan customers yang merasa terbebani  sistem audit tradisional.

Sistem keamanan yang baik bukan sekadar sistem akses kontrol yang canggih atau mengikuti rekomendasi CCTV terbaru. Sistem keamanan yang baik adalah sebuah sistem di mana setiap informasi keamanan menyatu untuk memberikan data yang akurat.

Dengan adanya sistem keamanan yang terintegrasi, pengelola gedung dapat dengan mudah menyatukan berbagai data keamanan untuk kemudian diolah menjadi informasi keamanan yang komprehensif. Dengan informasi ini, pengelola gedung dapat dengan mudah melakukan evaluasi apabila suatu saat terjadi sebuah insiden keamanan. Selain itu, dengan data yang lengkap, celah keamanan seperti penyalahgunaan kredensial sistem akses kontrol dapat dengan mudah dikendalikan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gedung perkantoran
Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top