Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

India Kecualikan Indonesia dari Bea Masuk Safeguard Produk Alkohol

Pemerintah India memutuskan untuk mengecualikan Indonesia dari pengenaan bea masuk tindak pengamanan (safeguard ) untuk produk impor isopropyl alcohol. Kementerian Perdagangan pun meminta perusahaan dalam negeri untuk memanfaatkan kondisi tersebut.
Sebuah truk menunggu muatan peti kemas di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/2/2020)./ ANTARA - M Risyal Hidayat
Sebuah truk menunggu muatan peti kemas di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/2/2020)./ ANTARA - M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah India memutuskan untuk mengecualikan Indonesia dari pengenaan bea masuk tindak pengamanan (safeguard ) untuk produk impor isopropyl alcohol. Kementerian Perdagangan pun meminta perusahaan dalam negeri untuk memanfaatkan kondisi tersebut.

Keputusan pengecualian Indonesia dari pengenaan bea masuk produk impor isopropyl alcohol dikeluarkan Directorate General of Trade Remedies (DGTR) India yang tertuang dalam dokumen hasil akhir penyelidikan pada 30 September 2021.

Dalam dokumen tersebut, negara berkembang yang pangsa pasarnya di bawah 3 persen, termasuk Indonesia di dalamnya, dikecualikan dalam pengenaan safeguard.

“Di tengah pandemi Covid-19 ini, kita masih mendapatkan kabar baik dengan dikecualikannya Indonesia dari pengenaan bea masuk safeguard produk impor isopropyl alcohol di India. Hal ini tentunya harus dimanfaatkan sebaik-baiknya dalam upaya peningkatan ekspor nasional,” ujar Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dikutip dari siaran pers, Rabu (27/10/2021).

Produk isopropyl alcohol atau biasa disebut isopropanol atau 2-Propanol adalah senyawa kimia yang tak berwarna, mudah terbakar, dan mempunyai bau yang menyengat.

Isopropyl alcohol memiliki berbagai macam kegunaan, baik sebagai produk akhir maupun produk antara (intermediate). Beberapa contoh penggunaannya sebagai produk akhir, yaitu sebagai solvent, pembuatan bahan kimia dalam bidang pertanian, bahan tambahan dalam obat-obatan, dan bahan antiseptik.

Impor produk isopropyl alcohol di India mengalami peningkatan dan menyebabkan kerugian atau menyebabkan ancaman kerugian terhadap industri domestik.

DGTR India juga menyimpulkan bahwa diperlukan tindakan pembatasan jumlah impor (quantitative restrictions) untuk melindungi industri domestik India dari kerugian.

“Indonesia tidak berkontribusi terhadap kenaikan impor produk isopropyl alcohol ke India yang memicu diinisiasinya penyelidikan safeguard ini, sehingga produk isopropyl alcohol asal Indonesia dapat terus bersaing di pasar India,” kata Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Indrasari Wisnu Wardhana.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, pasar ekspor produk isopropyl alcohol adalah Thailand, Vietnam, Hongkong, India, dan Singapura. Untuk periode Januari–Agustus 2021, terjadi penurunan volume ekspor Indonesia ke India sebesar 98,08 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Sementara itu, pada 2020 volume ekspor Indonesia ke India berkisar sebesar 8.320 kilogram, atau mengalami peningkatan sangat signifikan sebesar 1.633 persen bila dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Direktur Pengamanan Perdagangan Natan Kambuno, pengecualian ini membuat produsen dan eksportir Indonesia memiliki kesempatan untuk mengisi dan merebut pasar ekspor India yang sebelumnya diisi negara lain.

“Dengan dikecualikannya Indonesia dalam penyelidikan ini, diharapkan pangsa pasar ekspor produk isopropyl alcohol Indonesia ke India tetap terbuka dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kinerja ekspor Indonesia,” kata Natan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper