Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Transisi Energi, INDY Kebut Solar Panel dan Kendaraan Listrik

PT Indika Energi Tbk. (INDY) memulai proyek pemanfaatan panel surya untuk mendukung penurunan emisi karbon. Perusahaan juga berencana untuk terlibat dalam ekosistem electric vehicle (EV) atau kendaraan listrik.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 19 Oktober 2021  |  20:59 WIB
Transisi Energi, INDY Kebut Solar Panel dan Kendaraan Listrik
Petugas memeriksa panel surya di PLTS Gili Trawangan - Bisnis / David E. Issetiabudi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Indika Energi Tbk. (INDY) memulai proyek pemanfaatan panel surya untuk mendukung penurunan emisi karbon. Perusahaan juga berencana untuk terlibat dalam ekosistem electric vehicle (EV) atau kendaraan listrik.

Direktur Utama Indika Energy Arsjad Rasjid mengatakan bahwa perusahaan telah berkomitmen mendukung energi bersih dengan menjalin joint venture dengan social impact fund dari Amerika Serikat dengan mengumpulkan pendanaan sekitar US$500 juta.

Pendanaan itu untuk memulai tahapan pemanfaatan energi panel surya. Kata dia, energi bersih akan lebih dulu dilakukan oleh perusahaan. Terlebih rencana usaha penyediaan tenaga listrik (RUPTL) PLN 2021–2030 sudah lebih mengandalkan energi hijau.

“Selama ini kan menjadi pertanyaan, kami diminta untuk transisi energi ke energi terbarukan, tapi di sisi lain opportunity-nya belum ada. Sekarang ini sudah mulai clear bahwa akan ada satu proses perubahan yang ada,” katanya saat webinar INDY Fest 2021, Selasa (19/10/2021).

Selain itu, energi bersih juga akan berpengaruh pada proses ekspor produk ke Eropa. Pasalnya, produk yang dihasilkan dari energi tidak bersih akan dikenai tarif lebih tinggi.

Sebab itu, transisi energi menjadi peluang dalam konteks energi terbarukan. Indika juga akan terlibat dalam natural base dengan melakukan konservasi 130.000 hektare hutan demi kontribusi kepada oksigen dunia. Di sisi lain, Indika juga akan terlibat dalam kendaraan listrik.

“Strategi kami boleh dikatakan 180 derajat berubah. Tapi proses ini tidak bisa seketika, tapi kami harus menyiapkan pondasi sambil mengubah bisnis. Kami harus merubah mindset-nya, karena ujung-ujungnya human capital ini, manusianya harus siap juga,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indika energy panel surya Kendaraan Listrik
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top