Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Lombok Siap Sambut Gelaran World Superbike 2021

Bandara Internasional Lombok siap menyambut kedatangan peserta, official  dan penonton ajang balap motor internasional World Superbike 2021.
Bandara Lombok/lombok-airport.co.id
Bandara Lombok/lombok-airport.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I telah menyiapkan bandara Internasional Lombok untuk menyambut kedatangan peserta dan panitia perhelatan World Superbike (WSBK) 2021.

Direktur Utama AP I, Faik Fahmi, menjelaskan Bandara Internasional Lombok siap menyambut kedatangan peserta, official, dan penonton ajang balap motor internasional World Superbike 2021. Perseroan telah menyelesaikan perluasan terminal penumpang Bandara Internasional Lombok.

Dengan demikian total luasan terminal penumpang menjadi 43.501 meter persegi dengan kapasitas 7 juta penumpang per tahun, dari sebelumnya yang hanya seluas 24.123 meter persegi dengan kapasitas 3,25 juta penumpang per tahun.

Selain perluasan terminal, juga dilakukan perluasan apron menjadi 136.300 meter persegi dari luas sebelumnya yang hanya 108.100 meter persegi. Apron yang telah selesai dikerjakan ini dapat menampung 16 pesawat dengan konfigurasi 10 pesawat narrow body dan 6 pesawat wide body.  

AP I juga telah menuntaskan proyek perpanjangan dan pengerasan landas pacu (runway) Bandara Internasional Lombok dari 2.750 meter menjadi 3.300 meter dan menjadi runway terpanjang nomor lima di Indonesia saat ini.

Faik memastikan apron dan runway Bandara Internasional Lombok telah mampu untuk mendukung operasional pesawat berbadan lebar (wide body) sekelas B777. 

"Bandara ini merupakan infrastruktur strategis untuk mendukung pengembangan Destinasi Super Prioritas Nasional Mandalika serta kegiatan-kegiatan berskala internasional yang digelar di sini, seperti World Superbike dan MotoGP," ujarnya melalui siaran pers, Jumat (15/10/2021).

Menteri Koordinator Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto pun telah meninjau kesiapan Bandara Internasional Lombok.

Bandara ini didukung dengan telah rampungnya perluasan terminal penumpang dan  pembaruan dokumen administratif  Aeronautical Information Publication (AIP), di mana dalam AIP tersebut juga mencantumkan data terbaru fasilitas runway dan apron Bandara Internasional Lombok.

Selain itu, fasilitas kargo untuk mendukung arus logistik WSBK 2021 berupa akses jalan sepanjang 1.500 meter dan pelataran kargo seluas 6.000 meter persegi juga telah rampung 100 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper