Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kuartal III/2021, Penjualan Tesla Moncer

Kinerja positif produsen mobil listrik Tesla dicapai di tengah tekanan penjualan terhadap industri otomotif.
Dokumentasi - Mobil Tesla Model 3 buatan China saat proses pengiriman di pabriknya di Shanghai, China (7/1/2020). /ANTARA-REUTERS
Dokumentasi - Mobil Tesla Model 3 buatan China saat proses pengiriman di pabriknya di Shanghai, China (7/1/2020). /ANTARA-REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA — Tesla Inc. mencatatkan penjualan mobil listrik di atas ekpektasi hingga sebesar 241.300 unit pada kuartal III/2021 di seluruh dunia. Capaian ini terjadi ketika penjualan perusahaan lain mengalami kontraksi.

Pengiriman kuartalan menjadi momentum yang paling diperhatikan oleh perusahaan. Mereka juga secara luas dilihat sebagai barometer permintaan konsumen untuk kendaraan listrik di tengah transisi dari mesin pembakaran internal. Pengiriman Model 3 dan Y mendominasi kontribusi pada pengiriman periode ini.

“Kami ingin berterimakasih kepada pelanggan kami untuk kesabarannya seiring dengan kerja keras kami dalam menghadapi tantangan rantai pasok dan logistik," kata Tesla dalam pernyataan seperti dikutip Bloomberg pada Minggu (3/10/2021).

Hasil penjualan berhasil melampaui perkiraan rata-rata untuk pengiriman 223.677 dari 12 analis yang disurvei oleh Bloomberg dan juga melampaui proyeksi rata-rata 221.952 yang dikirim Tesla kepada investor. Hasil terbaru lebih tinggi dari rekor perusahaan sebelumnya untuk 201.250 kendaraan pada kuartal II/2021.

“Angka pengiriman ini menakjubkan dan berbicara tentang permintaan kendaraan listrik yang terlihat cukup kuat untuk Tesla menuju kuartal IV dan 2022,” kata Dan Ives, analis Wedbush Sekuritas dalam catatan untuk klien pada Sabtu.

Saham Tesla tercatat naik kurang dari 10 persen pada penutupan perdagangan pada Jumat menjadi US$775,22, mengikutip perluasan S&P 500.

Pencapaian Tesla lebih baik dibandingkan dengan produsen lainnya, yang menunjukkan kemerosotan poenjualan di AS dalam periode tiga bulan terakhir karena keterbatasan produksi dari kekurangan rantai pasok.

General Motors Co., yang menghentikan pabrik truk utama pada September, menerima pukulan terbesar dengan penjualan domestik turun sepertiga pada kuartal III/2021.

Kendati AS dan China menjadi pasar tebesarnya, Tesla tidak menjelaskan detail penjualan secara geografis. Tesla saat ini membuat Model S, X, 3 dan Y di pabriknya di Fremont, California. Sementara Model 3 dan Y dibuat di Shanghai. Lebih dari 96 persen penjualan kuartal ini berasal dari Model 3 dan Y.

Pada September, Chief Executive Officer Tesla Elon Musk mengirim email kepada seluruh pegawainya agar berusaha keras guna memastikan hasil yang layak pada kuartal III/2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper