Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IHPB September 2021 Deflasi 0,01 Persen, Sektor Pertanian Jadi Pemicu

Komoditas yang mengalami penurunan harga adalah cabai rawit, telur ayam ras, bawang merah, dan ikan teri asin/ikan kering.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 01 Oktober 2021  |  10:12 WIB
Petani menanam bawang. Food Estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi di suatu kawasan. Food estate juga dapat menjadi lahan produksi pangan nasional, cadangan pangan, dan distribusi pangan.  - Antara
Petani menanam bawang. Food Estate merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi di suatu kawasan. Food estate juga dapat menjadi lahan produksi pangan nasional, cadangan pangan, dan distribusi pangan. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) pada September 2021 mengalami deflasi sebesar 0,01 persen secara bulanan (month-to-month/mtm).

Dengan demikian, IHPB secara tahun kalender tercatat mencapai 1,65 persen (year-to-date/ytd) dan secara tahunan sebesar 2,89 persen (year-on-year/yoy).

“Penurunan [IHPB] tertinggi terjadi pada sektor pertanian sebesar 0,93 persen mtm,” kata Kepala BPS Margo Yuwono, Jumat (1/10/2021).

BPS mencatat, beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga adalah cabai rawit, telur ayam ras, bawang merah, dan ikan teri asin/ikan kering.

Jika dilihat berdasarkan sektor, sektor pertanian memberikan andil yang dominan terhadap deflasi, yaitu sebesar 0,17 persen.

“Penyebab utama penurunan IHPB di sektor pertanian ini di antaranya telur ayam ras, cabai rawit, wortel, dan bawang merah,” jelas Margo.

Di sisi lain, sektor pertambangan mengalami inflasi sebesar 0,48 persen mtm, namun tidak memberikan andil terhadap inflasi.

Sektor industri mengalami inflasi sebesar 0,2 persen mtm dan memberikan andil terhadap inflasi sebesar 0,16 persen.

Sementara itu, BPS mencatat IHPB konstruksi mengalami inflasi sebesar 0,29 persen mtm. Secara tahunan, IHPB konstruksi tercatat mencapai 4,73 persen dan secara tahun berjalan sebesar 4,14 persen.

Untuk kelompok bahan bangunan, yang mengalami peningkatan harga di antaranya besi beton, besi konstruksi bangunan, rangka atap baja, pipa PVC, dan aspal.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BPS pertanian indeks harga perdagangan besar
Editor : Azizah Nur Alfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top