Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PAL Indonesia Targetkan Pembangkit Listrik Terapung untuk Maluku Beroperasi Tahun Depan

PT PAL Indonesia (Persero) menargetkan kapal terapung Barge Mounted Power Plant (BMPP) Nusantara-1 pesanan PT Indonesia Power siap beroperasi pada Februari 2022.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 September 2021  |  20:18 WIB
Barge Mounted Power Plant(BMPP) yang d ikembangkan PT PAL Indonesia (Persero) - Istimewa
Barge Mounted Power Plant(BMPP) yang d ikembangkan PT PAL Indonesia (Persero) - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT PAL Indonesia (Persero) menargetkan kapal terapung Barge Mounted Power Plant (BMPP) Nusantara-1 pesanan PT Indonesia Power siap beroperasi pada Februari 2022.

Chief Marketing Officer PT PAL Indonesia Willgo Zainar mengatakan bahwa pihaknya akan terus mengawal target penyelesaian BMPP Nusantara-1.

“PT PAL Indonesia berkomitmen untuk memenuhi target waktu dan jaminan mutu dari setiap proyek,” katanya, Selasa (14/9/2021).

Sementara itu, Direktur Utama PT Indonesia Power M. Ahsin Sidiq mengatakan bahwa pihaknya sangat yakin terhadap kinerja dan kualitas dari PT PAL Indonesia. Apalagi, Indonesia Power telah menjalin kerja sama dengan PT PAL Indonesia sejak 1980-an.

Seperti diketahui, Indonesia Power mendapat tantangan dari PT PLN (Persero) untuk membuat pembangkit secara mandiri. Hal itu membuat perusahaan memesan kapal terapung BMPP dengan kapasitas 150 megawatt (MW) yang akan ditempatkan di Ambon, Maluku.

“Melalui proyek BMPP, Indonesia Power bersama PT PAL Indonesia telah berkontribusi mewujudkan karya kebanggaan bangsa,” tutur Ahsin.

Sebelumnya, pada 1998 PT PAL Indonesia dan Indonesia Power juga telah mengembangkan BMPP yang ditempatkan di Borang, Sumatra Selatan.

BMPP sendiri menggunakan teknologi dual fuel dengan menggunakan diesel dan LNG yang menggunakan proven dan robust design. Selain itu, BMPP itu juga disiapkan untuk menggunakan 100 persen gas sebagai sumber energinya.

BMPP juga memiliki beberapa kelebihan, seperti penggunaan lahan yang minimalis dengan draft yang kecil, sehingga dapat dioperasikan di perairan dangkal dan daerah terpencil.

BMPP bersifat mobile, sehingga mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, termasuk bila dibutuhkan pada kondisi darurat atau kejadian bencana alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembangkit listrik pt pal indonesia indonesia power
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top