Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Geliat E-Commerce UMKM Luar Jawa Positif

Perkembangan ekonomi digital masih terpusat di Pulau Jawa, terutama di DKI Jakarta. Hal ini tak lepas dari keberadaan ekosistem pendukung yang telah mumpuni di Ibu Kota.
Konsumen tengah membuka situs jual beli online/Bisnis
Konsumen tengah membuka situs jual beli online/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Adopsi perdagangan melalui sistem elektronik atau dagang-el oleh pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bertambah seiring dengan berlanjutnya pandemi.

Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun menjelaskan selama 1,5 tahun pandemi, jumlah UMKM yang telah mengadopsi perdagangan elektronik mencapai 15 juta unit, dari sekitar 8 juta unit sebelum pandemi.

Dia mengatakan bahwa sebagian besar UMKM yang mulai masuk ke ekosistem dagang-el berbasis di Pulau Jawa.

“Kontribusinya sekitar 75 sampai 80 persen di Pulau Jawa. Namun, bukan berarti yang sisa 25 persen di luar Jawa tidak tumbuh pesat,” kata Ikhsan, Rabu (1/9/2021).

Ikhsan menjelaskan pertumbuhan aktivitas dagang-el oleh UMKM di luar Jawa cukup pesat sebagai dampak dari membaiknya infrastruktur logistik. Jangkauan internet yang membaik, lanjutnya, juga memainkan peran penting dalam pertumbuhan.

“Kalau per Agustus 2020, pertumbuhan di luar Jawa dipimpin oleh aktivitas dagang-el di Palembang, Medan, dan Bali. Sekarang di wilayah Sulawesi Selatan juga tumbuh,” lanjutnya.

Ikhsan melihat prospek pertumbuhan dagang-el oleh UMKM di luar Jawa masih baik, didukung oleh berubahnya pola belanja masyarakat selama pandemi.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengakui perkembangan ekonomi digital masih terpusat di Pulau Jawa, terutama di DKI Jakarta. Hal ini tak lepas dari keberadaan ekosistem pendukung yang telah mumpuni di Ibu Kota.

“Di Jawa, khususnya di DKI Jakarta memimpin dari segi kesiapan dan memperlihatkan iklim dan ekosistem digital yang masih terpusat di Ibu Kota. Pemerintah masih perlu meningkatkan iklim ekosistem digital di sejumlah provinsi di Indonesia dan mengembangkan infratruktur teknologi dan informasi yang merata di seluruh Indonesia,” kata Lutfi dalam rapat dengan Komisi VI DPR RI pekan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper