Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol Akses Bandara Kertajati Ditargetkan Selesai Bulan Ini

PT Astra Infra menargetkan pembangunan Jalan Tol Akses Bandara Kertajati rampung pada September 2021, sehingga bisa menyambungkan ruas tol tersebut dengan Jalan Tol Cikopo–Palimanan.
Ilustrasi jalan tol./ANTARA FOTO-Nova Wahyudi
Ilustrasi jalan tol./ANTARA FOTO-Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA – PT Astra Infra menargetkan pembangunan Jalan Tol Akses Bandara Kertajati rampung pada September 2021, sehingga bisa menyambungkan ruas tol tersebut dengan Jalan Tol Cikopo–Palimanan.

“Targetnya, kami pada September tahun ini sudah bisa selesai masa konstruksinya,” ujar Group CEO Astra Infra Djap Tet Fa dalam workshop secara daring di Jakarta, Rabu (1/9/2021).

Dia mengatakan bahwa dalam satu bulan ini diharapkan sudah bisa beroperasi semuanya, sehingga Tol Akses Bandara Kertajati dapat tersambung sampai Tol Cipali.

Menurutnya, pembangunan ruas tol akses tersebut berlangsung selama satu tahun sejak dilakukan groundbreaking pada September 2020.

“Ketika sudah selesai, maka dari Jalan Tol Cipali ke bandara bisa dilalui dengan lancar. Selain itu, tol akses ini juga tersambung dengan Jalan Tol Cisumdawu,” ujarnya.

Pembangunan Jalan Tol Akses Bandara Kertajati sendiri dilaksanakan oleh entitas bisnis Astra Infra, yakni PT Lintas Marga Sedaya, selaku pemegang konsesi, serta PT Pembangunan Perumahan (Persero) dan PT ACSET Indonusa Tbk. sebagai kontraktor pelaksana dengan nilai proyek Rp692 miliar.

Pembangunan jalan tol akses menuju Bandarudara Internasional Jawa barat (BIJB) Kertajati yang terkoneksi dengan Tol Cipali dimulai dari Km 158+700. Jalan tol utama memiliki empat lajur untuk dua arah dengan lebar 3,6 meter, sedangkan akses ramp memiliki lebar lajur empat meter yang dilengkapi dengan dua jembatan.

Konstruksi ruas tol tersebut mulai dibangun sejak kontrak pekerjaan pada 28 September 2020 dengan progres pembangunan hingga 31 Agustus 2021 telah mencapai 96 persen.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono berharap Tol Akses Kertajati dapat selesai pada September tahun ini.

Basuki mengatakan, pembangunan Tol Akses Bandara Kertajati dilakukan bersamaan dengan target rampungnya pembangunan Jalan Tol Cisumdawu pada akhir 2021, sehingga diharapkan akan mendukung konektivitas menuju ke bandara dengan mengurangi waktu tempuh dari Bandung sekitar 3 jam menjadi 1 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Lili Sunardi
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper