Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KA Bandara YIA Resmi Beroperasi, Menhub: Investasinya Rp1,1 Triliun!

Kemenhub meresmikan KA Bandara YIA bersama dengan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi V DPR,  di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan komisi V DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (3/2/2021). ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) hari ini menggelar acara soft launching pengoperasian KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) bersama dengan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, serta Pemerintah Daerah Yogyakarta.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan peresmian ini merupakan wujud visi misi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang patut diteruskan kendati saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung.

"Oleh karenanya, saya katakan kepada pak Menko Marves [Luhut B.Panjaitan], kita buka [jalur KA Bandara YIA]. Ini memang kita jalankan, kita tidak berhenti bahkan kita memberikan kesempatan padat karya," ujar Budi dalam sambutannya, Jumat (27/8/2021).

Menurut Budi, KA Bandara YIA nantinya akan memangkas waktu perjalanan dari 90 menit menggunakan transportasi darat menjadi 40 menit dari kota Yogyakarta menuju bandara. Kehadiran fasilitas ini juga akan membuat masyarakat semakin betah.

"Hari ini kita sepakati untuk dimulai soft opening. Nanti kalau pandemi sudah menurun kita baru buat promosi yang besar," imbuhnya.

Pembangunan jalur ganda KA Bandara ini sudah dimulai sejak Desember 2019. Tak tanggung-tanggung, pemerintah menyiapkan anggaran hingga Rp1,1 triliun untuk proyek strategis nasional tersebut.

Konstruksi jalur KA Bandara YIA dibangun dengan sistem Slab On Pile (SOP) sepanjang 5,1 km yang mampu memberikan kestabilan yang lebih baik untuk konstruksi jalan yang ada di atas tanah jenuh air/tambak dan rawa. Konstruksi jalur ganda ini juga terdiri dari 16 unit jembatan, 5,1 km Elevated Track, dan 300 meter At Grade.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengatakan pembangunan jalur KA Bandara YIA yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) selesai lebih cepat tiga bulan dari target awal.

Pasalnya, pembangunan yang awalnya ditargetkan selesai akhir Desember 2021 berprogres lebih cepat dimana pada Agustus 2021, progresnya secara keseluruhan telah mencapai 98 persen.

Selain untuk keperluan para pengguna Bandara, KA yang akan melewati jalur Stasiun Tugu-Stasiun Bandara YIA ini dapat dimanfaatkan masyarakat yang hendak pergi ke Yogyakarta dari Stasiun Wates, karena kereta juga berhenti di stasiun tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmi Yati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper