Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Bekingan Warren Buffet Incar Valuasi Rp797,76 Triliun dari IPO di Bursa AS

Saat ini, Nubank bernilai US$30 miliar atau Rp432 triliun. Dengan 40 juta klien di Amerika Latin, Nubank adalah perusahaan jasa keuangan yang kini berkembang pesat di Brasil.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 27 Agustus 2021  |  07:34 WIB
Wallstreet - Reuters
Wallstreet - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Nubank Brasil yang didukung oleh Warren Buffett menargetkan valuasi US$55,4 miliar atau sekitar Rp797,76 triliun dalam penawaran umum perdananya atau initial public offering di bursa AS.

Dikutip dari Varindia, Warren Buffett's Berkshire Hathaway Inc telah mendanai bank tersebut. Saat ini, Nubank bernilai US$30 miliar atau Rp432 triliun. Dengan 40 juta klien di Amerika Latin, Nubank adalah perusahaan jasa keuangan yang kini berkembang pesat di Brasil.

Jika Nubank terdaftar dengan kapitalisasi pasar lebih besar dari Itau Unibanco Holding SA senilai US$55,4 miliar, maka Nubank akan melompat ke jajaran fintech terbesar di dunia, di depan Robinhood Markets Inc yang baru-baru melantai di bursa.

Salah satu sumber mengatakan bahwa, bankir Nubank telah melakukan penilaian dan hasilnya US$100 miliar. Tetapi sumber itu mengatakan, unicorn fintech Brasil tidak mungkin dihargai begitu tinggi pada saat go public.

Pasca investasi, selain menawarkan produk kartu kredit inti, perusahaan juga menawarkan pinjaman pribadi, asuransi jiwa, produk untuk pengusaha mikro, layanan pembayaran instan, dan produk investasi.

Sementara itu, Brasil mendominasi basis pelanggan dan Nubank telah memenangkan 1,5 juta pelanggan di Meksiko hanya dalam waktu satu tahun dan memiliki 300.000 orang Kolombia yang berada di daftar tunggu. Ekspansi ke lebih banyak negara diharapkan dapat terus bergulir.

Nubank bahkan telah keluar dari Amerika Latin dengan memimpin putaran dana investasi US$45 juta di startup neobanking India 'Jupiter' awal bulan ini.

Sayangnya, Nubank belum memberikan komentar apapun.

Nubank, yang dikenal Nu Pagamentos, mengakhiri tahun 2020 dalam posisi rugi yang mencapai 230 juta reais.

Namun, pada kuartal I/2021, bank tersebut mampu membalikkan posisinya dengan membukukan pendapatan bersih sebesar 6,8 juta reais atau US$1,30 juta, menurut data bank sentral Brasil yang dikutip Deal Street Asia.

Sementara itu, bank terbesar di Negeri Samba Itau mencetak laba US$18,5 miliar di tengah pandemi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank ipo brasil warren buffett
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top