Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Onduline Indonesia Rilis Atap Panel Surya

Atap panel surya Onduline tersebut dapat digunakan secara langsung untuk menggantikan bahan bagunan.
Atap panel surya dari Onduline. /Onduline
Atap panel surya dari Onduline. /Onduline

Bisnis.com, JAKARTA — PT Onduline Indonesia menawarkan Ondusolar Tile atap plus panel surya sebagai pembangkit listrik ramah lingkungan. 

Assistant Technical Manager Photovoltaic System Specialist PT Onduline Indonesia Dio Ananda Fitra mengatakan suplai listrik berbahan bakar fosil akan menurun dan harganya naik. Listrik dengan bahan bakar fosil juga meningkatkan emisi gas karbon yang berdampak buruk terhadap kehidupan di bumi.

Oleh karena itu selain berhemat menggunakan listrik konvensional, suplai energi listrik alternatif perlu dicari. 
Onduline Indonesia mengeluarkan solusi atap yang diintegrasikan dengan sistem listrik tenaga surya (photovoltaic/PV), khususnya untuk bangunan-bangunan komersial seperti gedung perkantoran, pabrik, rumah sakit dan residensial yaitu Ondusolar Tile. 

"Produk ini menghasilkan listrik ramah lingkungan karena tidak menambah emisi gas karbon dan suplainya berlimpah," katanya dalam keterangan tertulis, Rabu (25/8/2021).

Sesuai namanya photovoltaic mengandalkan intensitas matahari sebagai sumber energi dan mengubahnya menjadi listrik. Photovoltaic bersifat semi konduktor berupa susunan sel dari Kristal batu silikon. 

Pihaknya ingin megajak masyarakat mulai menerapkan energi ramah lingkungan dan memaksimalkan penggunaan atap bangunannya. 

"Untuk tahap awal kita bisa memakainya untuk mengurangi energi listrik yang kita beli dari PLN. Jadi saat siang hari perangkat listrik di rumah bisa memakai energi bersih dari matahari dan jika ada kelebihan energi yang diproduksi dari solar panel dapat diekspor ke PLN,” ujarnya 

Onduline Indonesia mengintegrasikan produk atapnya dengan sistem pembangkit listrik atap yang saat  ini mulai menjadi tren di area perkotaan. Konsep ini diterapkan agar masyarakat terbiasa seiring dengan teknologi yang semakin maju dan regulasi pemerintah yang mendukung konsep ini melalui Peraturan Menteri (Permen) Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) No. 49 Tahun 2018, dimana saat ini pemilik gedung bisa memanfaatkan atap gedungnya untuk menghasilkan energi listrikmandiri melalui sistem solar panel PV.

Ondusolar Tile dirancang dengan sistem solar panel Building Integrated Photovoltaics (BIPV) yaitu panel fotovoltaik yang digunakan untuk menggantikan bahan bangunan konvensional di bagian selubung penutup bangunan seperti atap, skylight, atau fasad. 

Hal ini berbeda dengan solar panel umumnya yang dipasang secara tradisional dengan menambahkan panel fotovoltaik di atas selubung penutup bangunan seperti atap atau dak, biasa disebut Building Applied Photovoltaics (BAPV). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yanita Petriella
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper