Bandara Sentani Jayapura Terus Berbenah, Siap Dukung PON XX

Angkasa Pura I mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional ke-XX di Papua pada tahun ini
Foto: dok. Angkasa Pura I
Foto: dok. Angkasa Pura I

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) senantiasa melakukan peningkatan pelayanan melalui pengembangan berbagai bandaranya, salah satunya adalah Bandara Sentani Jayapura.

Saat ini Angkasa Pura I tengah melakukan beautifikasi Bandara Sentani Jayapura untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua. Hingga 3 Agustus lalu, progress beautifikasi Bandara Sentani mencapai 11,38 persen. Beautifikasi ditargetkan selesai pada September 2021 untuk mendukung penyelenggaraan PON XX pada Oktober 2021 mendatang.

"Angkasa Pura I mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional ke-XX di Papua pada tahun ini. Hal dilakukan melalui beautifikasi terminal penumpang Bandara Sentani Jayapura yang hingga 3 Agustus lalu mencapai 11,53 persen," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi.

Adapun beautifikasi terminal dilakukan dengan mengatur ulang lay out area komersial dan merenovasi interior dengan mengadopsi kearifan lokal batik dan motif ukir khas Sentani. Selain beautifikasi terminal penumpang, juga dilakukan pelapisan landas pacu (tapering) untuk meningkatkan kekuatan landas pacu sehingga pesawat Boeing B737 800 NG dan Boeing B737 900ER dapat mendarat mulus, dan perbaikan apron, serta perbaikan taxiway.

Bandara Sentani Jayapura Terus Berbenah, Siap Dukung PON XX

Foto: dok. Angkasa Pura I

Untuk menghadirkan semarak PON, di Bandara Sentani juga dibuat instalasi booth, branding gate keberangkatan dan kedatangan, wall branding hall di area keberangkatan dan kedatangan. 

Bandara Sentani memiliki landas pacu berdimensi 3.000 meter x 45 meter dengan kapasitas apron 13 parking stand untuk pesawat berbadan kecil (narrow body), 8 parking stand untuk pesawat kargo, dan 11 parking stand untuk pesawat kecil berbaling-baling (propeller).

Adapun pesawat terbesar yang mampu dilayani saat ini yaitu B-737 800 NG dan 900 ER. Sementara gedung terminalnya memiliki luas 14.300 meter persegi (2 lantai) dan kapasitas ruang tunggu dapat menampung 2.045 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper