Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

2024 Jababeka Ingin Jadi Kawasan Indusri Halal

Pada prinsipnya, pengelola kawasan harus mampu menampilkan seluruh riwayat perpindahan produk. Hal itu pun tidak sesederhana seperti melakukan pengajuan untuk produk halal.
Kawasan Industri Jababeka di Cikarang, Kabupaten bekasi, Jawa barat./Istimewa
Kawasan Industri Jababeka di Cikarang, Kabupaten bekasi, Jawa barat./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — PT Jababeka Tbk. (KIJA) melalui kawasan industri di Cikarang berencana menyusul Modern Cikande Industrial Estate di Serang dan Safe n Lock di Sidoarjo mendapatkan label sebagai kawasan industri halal atau KIH.

Direktur Jababeka Hyanto Wihadhi mengatakan saat ini perseroan tengah mempelajari tahapan agar memenuhi kriteria KIH. Pada prinsipnya, pengelola kawasan harus mampu menampilkan seluruh riwayat perpindahan produk. Hal itu pun tidak sesederhana seperti melakukan pengajuan untuk produk halal.

Meski demikian, dari sisi logistik Jababeka menyebut telah memiliki keunggulan dengan memiliki Cikarang dry port sebagai perpanjangan dari Pelabuhan Tanjung Priok.

"Selanjutnya kami tetap melihat akan sulit menjadikan semua industri halal, untuk itu pihaknya memulai dengan pembuatan Hub Halal dan membuat peta jalan agar 2024 bisa menjadi KIH," katanya dalam acara peringatan 3 tahun berdirinya Indonesia Japan Business Networking (IJB Net), Selasa (10/8/2021).

Hyanto menyebut pada tahun lalu perseroan juga telah membuka layanan sertifikasi halal untuk mempermudah tenan mendapat cap halal. Sisi lain, Jababeka pun berharap insentif pemerintah untuk pengembangan KIH ini.

Secara keseluruhan saat ini total lahan di Jababeka memiliki luas 5.600 hektare dengan sejumlah properti di dalamnya seperti kawasan industri, perumahan, hotel, dan apartemen.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyatakan terdapat enam kawasan industri halal yang tengah mengajukan proses perizinan.

Wapres mengatakan pengembangan kawasan industri halal (KIH) merupakan salah satu strategi untuk menjadikan Indonesia produsen produk halal terbesar di mata global.

"KIH yang tumbuh dan berkembang diharapkan akan menarik perhatian investor global untuk menjadikan Indonesia sebagai global hub produk halal dunia," ujarnya.

Adapun hingga tahun lalu, ada enam kawasan yang sedang mengajukan proses sebagai kawasan industri halal oleh Kementerian Perindustrian.

Keenam di antaranya adalah Modern Cikande Industrial Estate di Serang Banten, SAFE n LOCK Halal Industrial Park di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, Kawasan Industri Bintan Inti di Kepulauan Riau.

Tiga lainnya adalah Kawasan Industri Batamindo di Batam Kepulauan Riau, Kawasan Industri Jakarta Pulogadung dan Kawasan Industru Surya Borneo di Kalimantan Tengah. 

Sayangnya baru dua yang telah ditetapkan sebagai kawasan industri halal oleh Kementerian Perindustrian yaitu Modern Cikande Industrial Estate dan SAFE n LOCK Halal Industrial Park.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ipak Ayu
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper