Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

5 Top News Berita Ekonomi: Indonesia Keluar dari Resesi Hingga Uji Coba Bandara Yogyakarta

Pemangku kebijakan dan kalangan pengusaha mencermati lima berita ekonomi ini untuk mengambil keputusan.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 06 Agustus 2021  |  08:59 WIB
5 Top News Berita Ekonomi: Indonesia Keluar dari Resesi Hingga Uji Coba Bandara Yogyakarta
Pertumbuhan ekonomi menjadi berita yang paling banyak dibaca pada hari ini. Keterangan foto, siluet gedung-gedung bertingkat di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kondisi ekonomi Indonesia yang keluar dari resesi menjadi kabar baik di tengah pandemi. Pembenahan yang berkualitas menjadi kunci stabilitas ekonomi.

Meskipun Indonesia keluar dari jalur resesi, ada beberapa hal yang harus diingat oleh pemerintah dan pelaku usaha yakni perekonomian belum berjalan seperti aktivitas normal.

Simak lima berita ekonomi di Bisnis.com yang paling banyak dibaca oleh pemangku kebijakan dan para pengusaha di Indonesia:

1. Tertinggi Dalam 17 Tahun, Pertumbuhan Ekonomi Era Jokowi Hampir Menyamai Masa SBY

Ekonomi RI diramalkan melesat pada tahun ini. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyampaikan ekonomi bakal melesat ke level 7 persen. Hal itu terbukti dengan capaian pada kuartal II/2021. Pertumbuhan ekonomi secara kuartalan ini tertinggi dalam 17 tahun.

2. Hore! Target Jokowi Terlampaui, Ekonomi RI Tumbuh 7,07 Persen di Kuartal II/2021

Setelah empat kuartal berturut-turut, ekonomi Indonesia akhirnya keluar dari jurang resesi. Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan ekonomi Indonesia tumbuh 7,07 persen kuartal II/2021, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year-on-year/yoy). Realisasi ini sesuai dengan harapan pemerintah yang menargetkan ekonomi tumbuh di kisaran 7 persen.

3. Rekor! Ekonomi Tumbuh 7,07 Persen Kuartal II/2021. RI Keluar Resesi

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan produk domestik bruto (PDB) RI pada kuartal II/2021 sebesar 7,07 persen (year on year/yoy).
Ini artinya Indonesia resmi keluar dari fase resesi.

Adapun secara kuartalan, ekonomi tumbuh sebesar 3,31 persen. Sejalan dengan kinerja tahunan, realisasi pertumbuhan ekonomi secara kuartalan juga menunjukkan perbaikan.

4. Uji Coba Berjalan Lancar, Bandara Internasional Yogyakarta Siap Sambut Operasional KA Bandara pada 17 Agustus

Uji coba lintasan kereta api (KA) Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA) dengan jalur Stasiun Kedundang - Stasiun YIA oleh PT Kereta Api Indonesia (Pesero) pada hari ini Kamis 5 Agustus 2021 berjalan lancar. Uji coba ini merupakan pengecekan jalur lanjutan dengan lokomotif yang telah dilaksanakan juga sebelumnya pada 19 Juli 2021.

5. Jelang Pengumuman BPS, Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Diprediksi Melonjak 6,9 Persen

Badan Pusat Statistik (BPS) akan merilis data pertumbuhan ekonomi Indonesia pada siang ini, Kamis (5/8/2021).
Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro memperkirakan ekonomi pada kuartal kedua akan tumbuh sekitar 6,9 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) atau 3,2 persen secara kuartalan (quarter-to-quarter/qtq).

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Pertumbuhan Ekonomi ekonomi yogyakarta
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top