Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menko Sebut Realisasi TKDD Rendah, Minta Pemda Percepat Penyerapan Anggaran

Anggaran TKDD yang disalurkan ke daerah pada 2021 adalah Rp780,48 triliun. Namun, realisasi hingga saat ini baru mencapai Rp373,86 triliun, atau setara dengan 47 persen dari total anggaran.
Dany Saputra
Dany Saputra - Bisnis.com 06 Agustus 2021  |  20:14 WIB
Menko Sebut Realisasi TKDD Rendah, Minta Pemda Percepat Penyerapan Anggaran
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan penjelasan mengenai strategi pemulihan ekonomi nasional dan peningkatan pertumbuhan ekonomi di Jakarta, Rabu (5/8/2020). Bisnis - Dedi Gunawan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memasuki semester II/2021, realisasi belanja daerah tercatat masih rendah. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta pemerintah daerah agar dapat mempercepat penyerapan anggaran Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD).

Dia mengatakan anggaran TKDD yang disalurkan ke daerah pada 2021 adalah Rp780,48 triliun. Namun, realisasi hingga saat ini baru mencapai Rp373,86 triliun, atau setara dengan 47 persen dari total anggaran.

“Pemerintah daerah diharapkan dapat mempercepat penyerapan anggaran dan memanfaatkan APBD untuk membantu masyarakat, berfokus pada usaha kecil dan menengah serta penanganan Covid-19. Hal ini diimplementasikan dalam program pemulihan ekonomi nasional sesuai dengan kewenangan pemerintah daerah,” katanya pada acara Perayaan 20 tahun Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) secara virtual, Jumat (6/8/2021).

Adapun, Airlangga turut menegaskan refocusing anggaran TKDD untuk mendukung penanganan pandemi Covid-19 pada 2021. Yaitu, penggunaan Dana Bagi Hasil (DBH) yang dioptimalkan untuk penanganan kesehatan, jaring pengaman sosial, dan pemulihan ekonomi.

Selain itu, refocusing juga dilakukan pada Dana Alokasi Umum (DAU) sedikitnya 8 persen, untuk vaksinasi Covid-19, dan insentif tenaga kesehatan daerah.

Adapun, anggaran yang agregat provinsi dan kabupaten/kota atas refocusing adalah sebesar Rp37,2 triliun dengan realisasi Rp6,7 triliun atau setara dengan 17,9 persen dari total anggaran.

Di sisi lain, ketergantungan pemerintah daerah terhadap dana perimbangan dari pemerintah hingga saat ini masih tinggi, walaupun sudah memasuki 20 tahun desentralisasi atau otonomi daerah.

“Ketergantungan pemerintah daerah terhadap dana perimbangan dari pusat masih cukup besar walaupun desentralisasi telah berjalan selama 20 tahun. Saat ini secara rata-rata ketergantungan daerah, baik provinsi maupun kabupaten masih tinggi yaitu 80,1 persen terhadap TKDD,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apbn airlangga hartarto dana desa TKDD
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top