Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Deputi Gubernur BI Ingatkan 3 Poin Penting dalam Reformasi Struktural

Berikut tiga hal yang perlu dicermati oleh para anggota ISEI dalam mendukung penguatan fondasi ekonomi melalui kebijakan reformasi struktural.
Maria Elena
Maria Elena - Bisnis.com 28 Juli 2021  |  13:44 WIB
Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo menyampaikan hasil-hasil Forum Pembiayaan Infrastruktur dalam konferensi pers Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Selasa (9/10/2018). - ANTARA/Nyoman Budhiana
Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo menyampaikan hasil-hasil Forum Pembiayaan Infrastruktur dalam konferensi pers Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Nusa Dua, Selasa (9/10/2018). - ANTARA/Nyoman Budhiana

Bisnis.com, JAKARTA - Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo menyampaikan bahwa transformasi ekonomi merupakan salah satu langkah yang perlu didorong untuk menopang basis pertumbuhan ekonomi yang sehat.

Hal ini disampaikannya dalam acara diskusi publik BI–ISEI Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang diselenggarakan pada hari ini, Rabu (28/7/2021), secara virtual.

“Pemulihan dan transformasi ekonomi perlu berjalan beriringan sebagai satu langkah sinergi dalam mengakselerasi kegiatan di sektor rill serta kembali mengarahkan kinerja ekonomi ke lintasan pertumbuhan potensialnya,” kata Dody yang sekaligus sebagai Ketua Bidang II Kajian dan Perumusan Kebijakan Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI).

Dody mengatakan, ada tiga hal yang perlu dicermati oleh para anggota ISEI dalam mendukung penguatan fondasi ekonomi melalui kebijakan reformasi struktural.

Pertama, perlu ada upaya peningkatan output dari sisi produktivitas. Dalam hal ini, pengukuran terhadap produktivitas dibandingkan output juga perlu terus direvaluasi sehingga hasilnya dapat dikonversi tidak hanya dari sisi kuantitas tetapi juga kualitas pekerjaan.

Kedua, dari sisi sumber daya, perlu ada peningkatan kualitas sumber daya manusia dan tenaga kerja karena memegang peranan penting dalam meningkatkan daya saing, sejalan dengan penggunaan teknologi digital dan otomasi yang semakin luas di kalangan industri.

Ketiga, dari sisi kapital, kebijakan untuk menarik dan mempermudah investasi perlu dilakukan untuk mendorong peranan swasta yang lebih optimal dalam pembiayaan pembangunan.

“Di daerah, peningkatan akumulasi kapital antara lain ditopang oleh pembangunan infrastruktur, terutama untuk konektivitas dan penyediaan energi,” jelasnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia isei reformasi struktural
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper

BisnisRegional

To top