Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Iduladha 2021, Kementan Pastikan 1,7 Juta Ekor Hewan Kurban Tersedia

Mentan memastikan bahwa pada hari raya Iduladha 2021 ketersediaan hewan kurban tetap terjaga, terdiri atas sapi, kerbau, kambing, dan domba di seluruh Indonesia.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 12 Juli 2021  |  19:59 WIB
Iduladha 2021, Kementan Pastikan 1,7 Juta Ekor Hewan Kurban Tersedia
Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Selatan telah memeriksa 712 ekor hewan kurban di wilayah Setiabudi menjelang perayaan Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah pada 31 Juli 2020. - beritajakarta.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menyampaikan bahwa dalam beberapa tahun terakhir kebutuhan hewan kurban berkisar 1,5 juta ekor.

Berkaca dari data tersebut, Mentan memastikan bahwa pada hari raya Iduladha 2021 ketersediaan hewan kurban tetap terjaga yaitu mencapai 1,7 juta ekor yang terdiri atas sapi, kerbau, kambing, dan domba di seluruh Indonesia.

"Sapi ada 568.000 ekor, kerbau 15.512 ekor, kambing 853.000 ekor, domba 329.000 ekor, totalnya 1,7 juta ekor hewan kurban," katanya dikutip dari YouTube Forum Merdeka Barat 9, Senin (12/7/2021).

Direktur Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian Nuryani Zainuddin mengatakan bahwa pandemi Covid-19 membuat angka kebutuhan hewan kurban pada tahun ini menurun sekitar 10 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Ada kemungkinan terjadi penurunan sekitar 10 persen [dibanding tahun lalu] karena melihat kondisi pandemi Covid-19,” ujarnya.

Lebih lanjut, Mentan Syahrul juga mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemetaan sehingga diketahui dengan jelas mana daerah yang defisit dan surplus produksi daging sehingga distribusi daging kurban berjalan tepat sasaran.

Selain itu, Mentan juga akan memastikan harga daging di pasaran tetap stabil atau berfluktuasi dalam batasan wajar dan siap melakukan ‘operasi pasar’ jika diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementan hewan kurban syahrul yasin limpo iduladha
Editor : Oktaviano DB Hana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top