Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ruang Fiskal Terbatas, Kemenkeu Pastikan Pembangunan Infrastruktur Berlanjut

Pemerintah berargumen komitmen pembangunan berkelanjutan bertujuan mengeluarkan Indonesia dari jebakan pendapatan menengah (middle income trap).
Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman (dalam layar) memberikan pemaparan dalam webinar  Mid Year Economic Outlook 2021: Prospek Ekonomi Indonesia Pasca Stimulus, Relaksasi dan Vaksinasi di Jakarta, Rabu (7/7/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan Luky Alfirman (dalam layar) memberikan pemaparan dalam webinar Mid Year Economic Outlook 2021: Prospek Ekonomi Indonesia Pasca Stimulus, Relaksasi dan Vaksinasi di Jakarta, Rabu (7/7/2021). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Luky Alfirman mengatakan bahwa prinsip kehati-hatian tetap menjadi prioritas pemerintah dalam mengelola pembiayaan di tengah pandemi.

“Saat ini, kapasitas fiskal pemerintah semakin terbatas. Tapi permintah tetap berkomitmen untuk terus melajutkan pembangunan infrastruktur,” katanya pada acara Mid Year Economic Outlook 2021 yang diselenggarakan Bisnis Indonesia, Rabu (7/7/2021).

Luky menjelaskan bahwa pembangunan berkelanjutan bertujuan mengeluarkan Indonesia dari jebakan pendapatan menengah (middle income trap).

Bukan hanya itu, infrastruktur juga digunakan sebagai pegas untuk mendorong pemulihan ekonomi.

Oleh karena itu, pembangunannya akan dilakukan bersama-sama mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga badan layanan umum.

Tahun ini, tambah Luky, pemerintah menganggarkan kurang lebih Rp417 triliun untuk belanja infrastruktur.

Angka ini meningkat 48 persen dibandingkan tahun lalu meski sama-sama sedang menghadapi Covid-19.

“Peningkatan ini menunjukkan komitmen pemerintah membangun infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan dasar, meningkatkan produktivitas melalui koneksi, penyediaan infrastruktur energi, pemerataan infrastrktur, dan teknologi informasi komunikasi,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper