Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wah! Perusahaan Finansial Bakal Dibebaskan dari Aturan Pajak Global Baru

Proposal Sunak memastikan bahwa perusahaan keuangan, seperti bank global dengan kantor pusat di London, tidak akan menghadapi beban pajak tambahan.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 01 Juli 2021  |  10:40 WIB
Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak membawa anggaran yang akan digunakan untuk menopang ekonomi Britania Raya, Rabu (11/3/2020) -  Bloomberg / Simon Dawson
Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak membawa anggaran yang akan digunakan untuk menopang ekonomi Britania Raya, Rabu (11/3/2020) - Bloomberg / Simon Dawson

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan di bidang jasa keuangan akan dibebaskan dari aturan pajak global yang saat ini tengah dirundingkan. Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak mengajukan proposal pengecualian tersebut kepada negosiator Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) dan disetujui.

Dilansir Bloomberg, Kamis (1/7/2021), menurut sumber yang dekat dengan masalah ini, proposal Sunak memastikan bahwa perusahaan keuangan, seperti bank global dengan kantor pusat di London, tidak akan menghadapi beban pajak tambahan.

Sementara itu, OECD yang berbasis di Paris menjadi tuan rumah pertemuan hari ini, sebagai bagian dari upaya untuk mencapai konsensus tingkat tinggi tentang prinsip-prinsip rencana di antara lebih dari 100 negara, menyusul kesepakatan di antara negara-negara G7 pada awal Juni.

Apa pun yang diputuskan akan dipertimbangkan kembali oleh menteri keuangan G20 di Venesia minggu depan. kesepakatan yang lebih luas tentang rincian rencana kemungkinan akan tercapai pada akhir tahun ini.

Pembicaraan tersebut bertujuan untuk mengubah aturan dan perjanjian pajak selama beberapa dekade, mendorong lebih banyak pendapatan pajak ke pemerintah dan mengatasi kekhawatiran bahwa perusahaan multinasional seperti Amazon.com Inc. dan Facebook Inc. tidak membayar cukup banyak pajak.

Kesepakatan juga dapat menurunkan pajak digital domestik yang telah diterapkan beberapa negara, meredakan ketegangan perdagangan yang meningkat dengan Amerika Serikat.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

finansial Pajak g20 oecd

Sumber : Bloomberg

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top