Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Harga Ikan Cupang & Potensi Ekonomi Rp49 Miliar di Kediri

Ikan cupang diternakkan secara luas di Kediri, Jawa Timur.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Juni 2021  |  02:39 WIB
Harga Ikan Cupang & Potensi Ekonomi Rp49 Miliar di Kediri
IKAN CUPANG: Yasin (31) penjual ikan cupang hias memperlihatkan ikan dagangannya di Pasar Minggu, Airbatu Asahan, Sumatra Utara, Minggu (03/04). Ikan yang memiliki bentuk dan warna tubuh menarik hasil peternakannya tersebut dijualnya dengan harga bervariasi mulai Rp5.000 hingga Rp50.000 per ekor tergantung jenisnya. - BISNIS.COM
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Harga ikan cupang yang terus merangkak naik telah mendatangkan nilai ekonomi yang tinggi untuk wilayah Kediri, Jawa Timur. 

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengungkapkan bahwa budidaya ikan cupang di daerah itu mempunyai nilai ekonomis yang tinggi, bahkan penjualan terdata hingga mencapai Rp49 miliar lebih dalam setahun.

"Kediri dikenal sebagai penghasil ikan cupang terbesar di Indonesia. Dalam satu tahun ada sekitar 110 juta ikan cupang yang dihasilkan, dengan nilai ekonomis mencapai Rp49 miliar lebih," katanya dalam acara kontes ikan cupang di Kediri, Minggu, (27/6/2021) seperti dilansir Antara. 

Dia mengatakan budidaya ikan cupang di Kabupaten Kediri telah menjadi produk perikanan andalan bersama lele dan koi.

"Sekarang yang kami upayakan adalah para petani ikan cupang di Kabupaten Kediri ini, bisa memiliki brand ikan cupang sendiri. Genetiknya ini bisa dari wild betta, nanti kita crossing agar bisa menghasilkan jenis ikan dengan kualitas yang lebih bagus lagi. Pemerintah akan terus berupaya mendorong itu," kata dia.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Kediri Nur Hafid mengatakan sentra budi daya ikan cupang tersebar ke sejumlah daerah di Kabupaten Kediri, seperti Kecamatan Ngadiluwih, lalu Desa Paron di Kecamatan Ngasem, Kecamatan Gurah, hingga Kandat.

Menurut dia, dengan produksi ikan cupang yang melimpah tersebut ditambah dengan kegiatan kontes skala internasional, diharapkan bisa lebih meningkatkan pasar dan harga jualnya juga menjadi lebih baik.

"Kami angkat supaya ikan cupang ada nilai ekonomisnya. Ikan cupang termasuk ikan hias, sehingga pembudidaya harus mengetahui bagaimana permintaan model ikan," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perikanan ikan cupang

Sumber : Antara

Editor : Anggara Pernando
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top