Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kucurkan Rp8 Miliar, PLN Listriki 6 Desa di Kabupaten Tanggamus

PLN menghadirkan listrik di enam desa di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Kini 200 kepala keluarga (KK) di enam desa sudah menikmati listrik untuk mendukung berbagai aktivitas produktif dan meningkatkan perekonomian desa.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 20 Juni 2021  |  09:09 WIB
Kucurkan Rp8 Miliar, PLN Listriki 6 Desa di Kabupaten Tanggamus
Petugas PLN melakukan perbaikan jaringan listrik. - ANTARA/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - PLN menghadirkan listrik di enam desa di Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Kini 200 kepala keluarga (KK) di enam desa sudah menikmati listrik untuk mendukung berbagai aktivitas produktif dan meningkatkan perekonomian desa.

Keenam desa yang berhasil dialiri listriknya, yakni Pekon Margomulyo, Kecamatan Semaka; Pekon Umbar, Kecamatan Klumbayan; Pekon Way Rilau, Kecamatan Cukuh Balak; Pekon Teratas, Kecamatan Kota Agung; Pekon Tanjung Agung, Kecamatan Pugung; dan Pekon Sanggi Unggak, Kecamatan Bandar Negeri Semuong.

"Untuk menghadirkan listrik di enam desa tersebut, PLN mengalokasikan dana lebih dari Rp8 miliar," ujar General Manager PLN Unit Induk Distribusi Lampung I Gede Agung Sindu Putra, dikutip dari siaran pers, Minggu (20/6/2021).

Dalam melistriki pelosok negeri, PLN menghadapi kendala, salah satunya adalah ketersediaan infrastruktur jalan. Oleh karena itu, PLN tidak dapat bekerja sendiri, butuh kerjasama seluruh stakeholder dalam menyukseskan 100 persen elektrifikasi di Lampung.

"Hari ini adalah bukti komitmen PLN menerangi pelosok negeri, harapannya memiliki manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat terutama pendidikan dan perekonomian masyarakat,” imbuh Gede.

Bupati Tanggamus Dewi Handajani yang turut hadir dalam prosesi penyalaan listrik di Pekon Margomulyo menyampaikan apresiasinya atas perjuangan PLN dalam melistriki desa-desa yang belum berlistrik di kabupaten yang dipimpinnya.

“Beberapa waktu lalu, kita telah melakukan kegiatan yang sama di Kecamatan Pematangsawa. Hari ini, di Pekon Margomulyo Kecamatan Semaka serta lima pekon lainnya resmi dinyalakan,” kata Dewi.

Ia memastikan Pemerintah Kabupaten Tanggamus siap memberikan dukungan penuh kepada PLN terkait penuntasan rasio elektrifikasi yang akan dijalankan di wilayahnya.

Warga menyambut gembira hadirnya listrik di desa mereka. Sebelum ada listrik, warga desa menggunakan lampu teplok saat beraktivitas di malam hari.

“Kami pakai penerangan hanya malam hari, hanya untuk anak-anak belajar dan mengaji, itupun hanya pakai lampu teplok, susah pokoknya. Dengan adanya listrik PLN ini, membuat anak-anak kami belajar dengan nyaman,” ujar Sarjono, salah satu warga Pekon Margomulyo.

Dalam kesempatan tersebut, PLN melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN, memberikan santunan untuk musholla, mustahik, guru ngaji dan marbot serta pemasangan kWh listrik gratis untuk Balai Desa Margomulyo. PLN juga siap menyambungkan listrik ke 1.000 potensi pelanggan di enam desa tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN subsidi listrik
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top