Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menperin Apresiasi MNC Group Rilis Produk Mainan

MNC menggandeng Royal Kreasi Cemerlang dalam memproduksi rangkaian mainan lokal yang pertama kali menggunakan Intellectual Property (IP) lokal Bima S.
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita/Kemenperin
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita/Kemenperin

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengapresiasi peluncuran mainan serial Bima S produksi MNC Animation.

Agus mengharapkan langkah MNC Group memperkenalkan mainan baru dapat menstimulasi dan mendorong industri mainan anak dalam negeri untuk terus tumbuh dan berkembang.

Agus menilai MNC Animation, salah satu bisnis unit dari MNC Pictures yang merupakan anak usaha PT MNC Studios Intenational Tbk. (MSIN) telah mengukir sejarah bagi perkembangan industri ekonomi kreatif Indonesia.

MNC menggandeng Royal Kreasi Cemerlang, pabrik mainan di Indonesia dalam memproduksi rangkaian mainan lokal yang pertama kali menggunakan Intellectual Property (IP) lokal Bima S.

"Dengan peluncuran seri mainan Bima S ini semoga dapat menjadikan MNC Group sebagai salah satu perusahaan yang senantiasa menjadi rujukan inovasi dan kreativitas dalam memproduksi mainan anak," kata Agus Gumiwang melalui siaran pers, Rabu (16/6/2021).

Agus menyatakan akan terus mendorong industri mainan anak di Tanah Air semakin meningkatkan inovasi produknya. Dengan begitu produk nasional mampu bersaing dengan produk impor. Apalagi, Indonesia sebagai pasar yang besar menjadi peluang bagi pengembangan industri mainan anak.

Menperin mengemukakan performa industri mainan anak nasional menunjukan tren positif. Hal ini tercermin dari capaian nilai ekspornya yang kian meningkat selama tiga tahun terakhir. Pengapalan produk mainan anak menembus US$320 juta sepanjang 2018, melonjak jadi US$343 pada 2020.

"Potensi kita terdapat 131 unit usaha mainan anak pada skala industri menengah dan besar. Dari jumlah unit usaha tersebut, telah mempekerjakan lebih 36.000 orang. Artinya, sektor padat karya ini temasuk yang memiliki orientasi ekspor," paparnya.

Agus menambahkan, pihaknya bertekad memberikan dukungan penuh dan kontribusi nyata bagi pengembangan industri nasional, termasuk sektor industri mainan anak.

"Meskipun di tengah kondisi pandemi, tetaplah konsisten dalam semangat meningkatkan produksi dan inovasi dalam menciptakan senyum bahagia anak-anak Indonesia juga seluruh dunia dengan produk mainan anak yang mendidik dan menyenangkan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ipak Ayu
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper