Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pungli di Tanjung Priok, ALFI Soroti Penanganan Pemerintah

Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia atau ALFI berharap pemberantasan pungli pemerintah di Pelabuhan Tanjung Priok bisa dilakukan secara berkesinambungan.
Sejumlah truk membawa muatan peti kemas di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/2/2020)./ ANTARA - M Risyal Hidayat
Sejumlah truk membawa muatan peti kemas di Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Senin (17/2/2020)./ ANTARA - M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) berharap pemerintah menertibkan pungutan liar (pungli) yang dilakukan petugas kepada pengemudi truk di Pelabuhan Tanjung Priok bisa dilakukan secara terus menerus mengingat Presiden Joko Widodo juga sudah berulang kali menginstruksikan hal tersebut.

Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan pungli bukan terjadi hanya di lingkungan pelabuhan yang sekarang pelakunya sudah ditangkap. Bahkan, di luar pelabuhan Priok pungli juga merajalela yang dilakukan oleh premanisme saat truk logistik berada di jalan raya sewaktu melakukan aktivitas distribusi barang.

"Ini yang harus menjadi perhatian kita semua. Kita harus bisa menyepakati bahwa penanganan dan pemberantasan pungli dan premanisme ini harus menjadi sebuah kegiatan yang memang terkoordinasi dengan baik dan melibatkan semua pemangku kepentingan. Kalau tidak, masalahnya tidak akan pernah selesai. Masa sih harus setiap 3 tahun diingatkan Presiden?,” ujarnya, Minggu (13/6/2021)

ALFI mencatat persoalan pungli dan premanisme ini bukan yang pertama kalinya Kepala Negara memerintahkan untuk mengatasainya. Pada 2016, Presiden juga pernah melakukan hal yang sama. Kemudian pada 2018 juga ada pengemudi yang berjalan kaki dari Jawa Tengah ke Jakarta untuk bertemu presiden karena kerap menjadi korban premanisme dan aksi pungli.

Oleh karenanya, Yukki berharap penanganan pungli atau premanisme ini bisa dilakukan dengan lebih konsisten. Tidak hanya di Jakarta, penanganan terhadap pungli tersebut juga harus berlaku umum di seluruh wilayah di Indonesia.

Yukki mengatakan supaya praktik pungli tidak terulang di dalam pelabuhan maupun depo kontainer di luar pelabuhan, mesti ada standard operasional prosedur (SOP) dan pengawasan yang ketat. SOP itu lanjutnya, mesti diawasi secara berkelanjutan.

Menurutnya kalau di dalam pelabuhan leadingnya regulator seperti KSOP maupun Otoritas Pelabuhan dan pihak manajemen terminal itu sendiri. Sedangkan yang ada diluar pelabuhan mesti dikontrol oleh instansi yang memberikan izin dan bersama oleh manjemen perusahaan.

Sedangkan terhadap aksi premanisme yang kerap terjadi di jalan raya dari dan menuju Pelabuhan, Yukki berharap dilakukan penindakan tegas secara terus menerus.

Dia pun memberkan kalaua aksi premanisme atau pungli juga kerap ditemui dalam perjalanan dari dan menuju pelabuhan, bandara, pabrik, gudang maupun tujuan akhir. Risiko kehilangan barang juga tinggi, terutama untuk barang-barang bernilai tinggi dan mudah dijual seperti lubricant oil, susu atau rokok.

"Jadi mobilnya dibajak, atau ketika sopirnya tidur tiba-tiba barangnya diambil. Ini yang juga harus menjadi perhatian kita semua," terangnya.

Yukki yang juga menjabat sebagai komisaris PT Dewata Freightinternational Tbk. (DEAL) juga menginginkan adanya perbaikan sistem transportasi atau akses distribusi dari dan ke Priok yang selama ini seringkali dihantui kemacetan yang pada akhirnya berpotensi menimbulkan aksi premanisme di jalanan.

Seperti diketahui pihak Kepolisian memberantas aksi pungli di lokasi depo kontainer diluar pelabuhan dan di kawasan terminal peti kemas pelabuhan Tanjung Priok yang melibatkan oknum karyawan alih daya atau outsourcing di Jakarta International Container Terminal (JICT).

Penangkapan itu menyusul adanya pengaduan Sopir Truk kepada Presiden Joko Widodo pada Kamis (10/6/2021), yang kemudian Presiden Jokowi menelpon Kapolri untuk menindaklanjutinya.

Tak butuh waktu lama, Jajaran Kepolisian langsung membekuk para oknum karyawan di depo kontainer dan terminal peti kemas yang terbukti melakukan praktik pungli terhadap para sopir truk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper