Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Makassar Punya Stasiun Charge Mobil Listrik, Pertama di Indonesia Timur

PLN meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum pertama di Makassar sebagai gerbang Indonesia Timur.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 11 Juni 2021  |  12:30 WIB
Komisari PT PLN (Persero) Dudy Purwagandhi mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jalan Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (26/12/2020). - ANTARA
Komisari PT PLN (Persero) Dudy Purwagandhi mengisi daya mobil listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jalan Dr Soetomo, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (26/12/2020). - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - PLN meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di gerbang Indonesia Timur, yakni di Kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Mattoanging, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi komitmen PLN dalam mendukung era Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan menghadirkan SPKLU pertama di Makassar.

"SPKLU menjadi tanda komitmen PLN untuk mendukung pemerintah guna mendukung era KBLBB," ujar Andi, dikutip dari siaran pers, Jumat (11/6/2021).

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua dan Nusa Tenggara PLN Syamsul Huda mengatakan, melalui kehadiran SPKLU pertama di gerbang Indonesia Timur dapat mendukung terwujudnya electrifying lifestyle di kalangan masyarakat dan mendukung para pengusaha penyedia kendaraan listrik dalam menyediakan kendaraan listrik.

"Hadirnya SPKLU ini dapat mendukung terwujudnya electrifying lifestyle di masyarakat dan mendukung para pengusaha penyedia kendaraan listrik dalam menyediakan kendaraan listrik," ujar Syamsul.

Dirinya juga berharap hadirnya SPKLU mampu mendorong penggunaan kendaraan listrik berbasis baterai secara masif.

Adapun, SPKLU Mattoanging telah dilengkapi pengisian daya 25 kilowatt (kW) yang memungkinkan pelanggan melakukan pengisian daya hanya dengan waktu 30 menit, untuk jarak sekitar 100 kilometer dan telah terintegrasi dengan aplikasi Charge.IN.

Aplikasi Charge.IN merupakan aplikasi charging yang pertama pada SPKLU bagi konsumen pemilik KBLBB. Dengan aplikasi Charge.IN, pemilik KBLBB bisa mengontrol dan memonitor pengisian baterai mobil atau motor listrik di stasiun-stasiun pengisian atau SPKLU. Aplikasi PLN Charge.IN sudah tersedia di google playstore, sehingga saat ini masyarakat dapat menikmati kemudahan dalam mengisi daya kendaraan listrik.

Tak hanya SPKLU Mattoanging, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan bahwa PLN akan terus menambah titik lokasi SPKLU di sekitar kota Makassar.

"Kami juga akan terus menambah titik lokasi SPKLU di kota Makassar, seperti di lublic space, kantor pemerintahan, pusat perbelanjaan, lokasi wisata dan rest area," kata Bob.

Salah seorang lengguna electric vehicle (EV), Erwin, mengaku bahagia dengan kehadiran SPKLU pertama di Makassar.

"Kehadiran SPKLU di Mattoanging mampu memberikan solusi terbaik bagi kami pemilik electric vehicle sekaligus memudahkan dalam mengisi kendaraan listrik saat diperjalanan," ucap Erwin.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik PLN
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top