Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank BTN Latih Santri Jadi Developer

Bank Tabungan negara (BTN) melatih para santri Tebuireng di Jombang, Jawa Timur, mengenai bisnis sebagai pengembang properti.
Ilustrasi perumahan di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat./Bisnis.com/Abdullah Azzam
Ilustrasi perumahan di Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat./Bisnis.com/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) bersama Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur, melatih para santri menjadi developer.

Pelatihan ini merupakan bentuk kepedulian perseroan dalam menjadikan santri sebagai pengusaha atau pengembang properti yang sukses.

Direktur Utama Bank BTN Haru Koesmahargyo mengatakan Bank BTN sangat concern terhadap generasi milenial yang memiliki minat menjadi developer.

Untuk itu, berbagai pelatihan yang menggandeng banyak institusi telah digelar perseroan agar para milenial sukses menjadi pengembang properti.

BTN menggandeng Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, Jawa Timur yang memiliki santri dalam pelatihan menjadi developer.

Untuk diketahui program BTN Santri Developer telah dilakukan sejak tahun lalu. Program ini merupakan sinergi Bank BTN dengan Perkumpulan Masyarakat Profesional Nahdliyin (Nusantara Utama Cita/NU Circle) dan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI).

“Kami mengharapkan kelak para santri setelah mengenyam pelatihan ketrampilan wirausaha di BTN Santri Developer ini dapat menjadi motor ekonomi di pedesaan atau kota kecil khususnya di bidang perumahan, sehingga ke depan, Inshaa Allah mendukung keberhasilan program Pemerintah dalam penyediaaan perumahan,” ujarnya dalam siaran pers pada Selasa (8/6/2021).

Haru mengungkapkan dalam pelatihan ini ada sekitar 80 peserta yang tidak hanya berasal dari pondok pesantren tetapi organisasi pemuda lintas agama dan juga masyarakat umum juga boleh mengikuti  pelatihan BTN Santri Developer. Untuk yang mendaftarkan pelatihan secara online mencapai 800-900 orang.

Dia menuturkan tahun lalu program BTN Santri Developer telah diikuti oleh 1.162 peserta. Tahun ini sampai dengan Mei 2021 sudah ada sekitar 1.000 peserta yang dilatih dalam program BTN Santri Developer.

“Para peserta akan diberikan pengetahuan mengenai pertanahan, perizinan, pembiayaan dan skill set. Materi-materi pelatihan tersebut, merupakan bekal awal bagi peserta untuk memahani industri perumahan,” tuturnya.

Menurut Haru, program Pelatihan BTN Santri Developer dan juga program pelatihan lainnya sangat penting bagi kemajuan industri properti khususnya perumahan. Pasalnya, kebutuhan rumah setiap tahunnya di Indonesia sangat tinggi mencapai 400.000 unit.

“Namun, suplai dari pengembang belum bisa mengimbangi kebutuhan akan rumah saat ini,” ucapnya.

Dengan adanya berbagai pelatihan dalam mencetak wirausaha di bidang properti, Haru berharap antara suplai dan demand di sektor perumahan bisa seimbang dan mengurangi angka backlog yang saat ini sekitar 11 juta unit.

“Tujuan besarnya kita mendukung penambahan sisi pasokan perumahan untuk bisa memenuhi permintaan perumahan yang masih tinggi. Demand begitu banyak tetapi suplai terbatas. Oleh karena itu peran kita semua, peran para calon-calon developer muda dan juga dari peran NU Circle meningkatkan sisi suplai, sehingga jumlah developer bertumbuh dan semua kebutuhan rumah bisa disediakan khususnya kebutuhan rumah menengah ke bawah,” papar Haru.

Sementara itu, Pengasuh Ponpes Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz mengapresiasi program BTN Santri Developer yang memberikan kesempatan yang baik bagi para santri.

“Kami dari pesantren Tebuireng sangat menyambut dengan baik atas inisiatif program ini, barangkali nanti bisa dilanjutkan ke pondok-pondok pesantren yang lain karena masih banyak pondok-pondok yang lainnya,” tuturnya.

Menurut dia, program ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena setiap tahun kebutuhan rumah selalu meningkat.

“Mudah-mudahan dengan adanya program ini ekonomi masyarakat terus meningkat, serta para santri memahami perkembangan proses bisnis developer perumahan. Ini menjadi kesempatan atau momen yang sangat baik,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper