Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KJRI Toronto Pacu Peningkatan Ekspor Boga Bahari ke Kanada

Selama triwulan I/2021, ekspor tuna Indonesia ke Kanada mengalami penurunan sebesar 66 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020.
Produk perikanan tujuan ekspor./Bisnis
Produk perikanan tujuan ekspor./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA — Dalam upaya meningkatkan ekspor produk boga bahari (seafood) Indonesia ke Kanada, KJRI Toronto menyelenggarakan dua pertemuan terpisah dengan diaspora Indonesia, Ikatan Pengusaha Perikanan (IPP) Sulawesi Utara, dan sejumlah eksportir perikanan Indonesia, Selasa (7/6/2021).

Pertemuan dilakukan secara daring  dan dihadiri oleh Sekretaris Jenderal Diaspora Indonesia di Australia, Ben Tampubolon; Ketua IPP Sulawesi Utara, Budi Wahono; Wakil Presiden Kargo Komersial PT Garuda Indonesia Tbk. Aryo Wijoseno, dan perwakilan dari PT Prima Indo Tuna, salah satu eksportir produk perikanan Indonesia.

Salah satu isu penting yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah jalur logistik untuk ekspor produk perikanan Indonesia ke Kanada.

Letak geografis Kanada yang jauh dari Indonesia mengakibatkan harga jual yang tidak kompetitif.

Salah satu solusi yang dibahas adalah perlunya Indonesia memiliki mother vessel yang dapat mengangkut produk perikanan Indonesia dalam skala besar ke Benua Amerika. 

Terkait dengan hal ini, Konsul Jenderal RI di Toronto Leonard Hutabarat seperti dikutip Kementerian Luar Negeri dari Konsulat Jenderal RI Toronto, mendorong pelaku usaha Indonesia untuk secara langsung menyampaikan aspirasi tersebut kepada pemerintah pusat.

Dalam paparannya, Leonard menggariswahi bahwa Provinsi Ontario merupakan salah satu provinsi di Kanada yang memiliki jumlah grosir boga bahari terbesar di seluruh Kanada, yakni mencapai 23,6 persen.

Menurut data IBISWorld, penerimaan dari industri perikanan dan boga bahari di Kanada dalam 5 tahun ke depan diperkirakan terus bertumbuh. Hal ini menunjukkan tingginya permintaan Kanada terhadap produk makanan laut.

Statistics Canada juga mencatat adanya peningkatan ekspor produk tuna dari Indonesia sebesar US$5,12 juta (26 persen) pada 2020 dibandingkan dengan 2019.

Sementara itu, untuk triwulan I/2021, ekspor tuna Indonesia ke Kanada mengalami penurunan sebesar 66 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2020.

Meskipun mengalami penurunan nilai ekspor sebesar 9 persen pada 2020, ekspor produk udang Indonesia ke Kanada pada triwulan I/2021 meningkat hingga US$4,80 juta atau naik sekitar 20 persen dibandingkan dengan periode yang sama 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Zufrizal
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper