Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemenhub Siapkan 28 Rute Jembatan Udara untuk Logistik

Kemenhub menyiapkan 28 rute jembatan udara untuk memperlancar kegiatan logistik barang kebutuhan pokok dan penting.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 07 Juni 2021  |  18:41 WIB
Ilustrasi - Aktivitas di sebuah pesawat kargo logistik. - Bisnis/Istimewa
Ilustrasi - Aktivitas di sebuah pesawat kargo logistik. - Bisnis/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah membangun 28 rute jembatan udara demi menjamin kelancaran rantai pasok barang kebutuhan pokok dan penting (bapokting).

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan jembatan udara ini disiapkan untuk daerah-daerah yang memang tidak terjangkau oleh angkutan darat dan letaknya di pegunungan. Umumnya terdapat di Indonesia Timur.

"Ketika [barang] sudah sampai pelabuhan kalau kemudian bisa diakses dengan jalan darat ya ini tentu lebih mudah. Namun ketika ini ada di pegunungan yang bahkan jalannya tidak ada tentu dibutuhkan akses transportasi udara," katanya, Senin (7/6/2021).

Menurutnya, Indonesia sebagai Negara Kepulauan tentunya membutuhkan konektivitas yang baik untuk melancarkan pergerakan manusia maupun distribusi logistik ke seluruh wilayah Indonesia sampai ke daerah terpencil, terluar, tertinggal dan perbatasan (3TP).

Dia menambahkan dibutuhkan kolaborasi dan integrasi tidak hanya secara fisik infrastrukturnya, tetapi juga integrasi teknologi dengan melakukan digitalisasi sistem baik perizinan maupun pelayanan lainnya.

Guna mendukung kelancaran distribusi, sambung dia, ada dua strategi yang dilakukan Kemenhub. Pertama mengurangi biaya logistik dengan memotong rantai pasokan yang dapat membebani biaya logistik, melalui perbaikan proses bisnis kinerja dan menciptakan ekosistem logistik nasional yang terintegrasi.

"Kedua, mengembangkan sistem transportasi yang lebih terintegrasi dengan kawasan industri dan terintegrasi dengan moda transportasi lain. Misalnya antara tol laut dengan jembatan udara harus terintegrasi agar distribusi logistik sampai ke daerah pedalaman Papua,” tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kemenhub logistik
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top