Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Airlangga Yakin Ekonomi RI Tumbuh 7-8 Persen di Kuartal II

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian meyakini perekonomian RI tumbuh 7 - 8 persen pada kuartal II/2021.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 07 Juni 2021  |  14:04 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto / Youtube Sekretariat Presiden RI
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto / Youtube Sekretariat Presiden RI

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah optimistis ekonomi Indonesia pada tahun ini bisa tumbuh 6,7 - 7,5 persen meski masih menghadapi pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto usai menghadiri rapat terbatas (ratas) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Proyeksi pertumbuhan tetap diperkirakan antara 6,7 persen sampai dengan antara 7,5 persen dan pemerintah meyakini di kuartal II kita mampu pada range 7 - 8 persen,” kata Airlangga dalam keterangan pers, Senin (7/6/2021).

Optimisme ini, lanjutnya, didukung oleh sejumlah indikator yakni dari Purchasing Managers Index (PMI) sudah mencapai angka tertinggi yakni 55,3 persen.

Selain itu, kenaikan penjualan kendaraan bermotor juga meningkat tajam. Penjualan mobil melonjak 228 persen secara year on year disusul kenaikan penjualan bermotor naik 227 persen secara year on year.

“Penjualan ritel juga sudah naik 9,8 persen secara year on year. Kemudian indeks keyakinan konsumen sudah di atas 100 persen,” jelasnya.

Lebih lanjut, pemerintah mencatatkan bahwa pertumbuhan belanja nasional hingga akhir April 2021 sudah mengalami kenaikan hingga 60,43 persen.

Kenaikan ini juga didukung dari pelaksanaan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang menyentuh 29,9 persen dari pagu atau naik Rp86,7 triliun dari kuartal pertama yang mencapai Rp123 triliun.

“Kesehatan sudah mencapai 18,8 persen realisasi, perlindungan sosial 39,2 persen, program prioritas 28 persen, dukungan korporasi 21 persen dan insentif untuk usaha 79,9 persen,” paparnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi airlangga hartarto Covid-19 pemulihan ekonomi
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top