Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Di Tengah Pandemi Covid, Pasok Perkantoran di India Diprediksi Tumbuh

Pasokan real estat subsektor perkantoran di India diprediksi terus tumbuh meskipun negara itu sedang dihantam pandemi Covid-19 besar-besaran.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 07 Juni 2021  |  19:04 WIB
Ilustrasi kegiatan perkantoran di Bengaluru, India, file foto Februari 2012. - Reuters
Ilustrasi kegiatan perkantoran di Bengaluru, India, file foto Februari 2012. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah pandemi Covid-19, pasokan ruang perkantoran yang fleksibel di India diperkirakan meningkat 10 persen hingga 15 persen dalam 3 tahun mendatang dari saat ini 36 juta ft2.

Chairman India, South-East Asia, Middle East & Africa Coldwell Banker Richard Ellis (CBRE) Anshuman Magazine mengatakan pada kuartal I tahun ini, ruang perkantoran fleksibel di Bengaluru India masih memiliki stok 11,6 juta ft2, tertinggi di negara itu, diikuti Delhi 6,6 juta ft2 dan Hyderabad 5,7 juta ft2.

"Karena kota-kota ini, serta Mumbai, akan terus melihat permintaan tambahan ruang fleksibel. Di Pune dan Chennai juga mengantisipasi kurangnya ruang fleksibel melihat pertumbuhan di tahun-tahun mendatang. Pada tahun 2020, lebih dari 75.000 kursi disewa di ruang perkantoran fleksibel di seluruh India," ungkapnya.

Dia menuturkan pandemi memengaruhi cara bisnis berfungsi dan strategi mereka secara keseluruhan. Kalangan pengusaha sedang mengevaluasi model kerja baru yang menjaga fleksibilitas tempat kerja di pusat, menyeimbangkan manfaat karyawan dan profitabilitas bisnis.

Model-model ini tidak hanya memastikan kerja yang fleksibel, tetapi juga memastikan keselamatan karyawan setelah bekerja normal di kantor.

"Permintaan terhadap ruang kantor fisik akan terus meningkat karena karyawan menantikan hari kerja normal, dengan vaksinasi massal yang mendorong pertumbuhan sektoral lebih lanjut," tuturnya.

Para pemilik ruang kantor dapat meningkatkan penawaran produk melalui kemitraan strategis dengan operator atau membangun merek mereka sendiri untuk memenuhi permintaan ruang fleksibel.

"Operator dapat menciptakan fleksibilitas yang lebih tinggi dan solusi inovasi serta kemudahan pembayaran," tuturnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perkantoran india bisnis properti
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top