Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RUU KUP Digodok, Kepala BKF Sebut Reformasi Pajak Juga Dialami Negara G20

Revisi UU KUP merupakan bagian dari proses reformasi perpajakan. Harapannya, konsolidasi fiskal semakin kuat tidak hanya untuk waktu yang pendek, tapi jangka panjang.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 04 Juni 2021  |  19:16 WIB
RUU KUP Digodok, Kepala BKF Sebut Reformasi Pajak Juga Dialami Negara G20
Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacariburn
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah tengah melakukan reformasi perpajakan salah satunya dengan merevisi Undang-Undang tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP). Upaya ini merupakan bentuk reformasi berkelanjutan.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Febrio Nathan Kacaribu mengatakan bahwa reformasi perpajakan yang tengah dilakukan pemerintah saat ini cocok digabungkan dengan konsolidasi fiskal.

“Perekonomian bukan hanya Indonesa tapi juga di seluruh dunia mengalami perubahan secara struktur. Ini yang kemudian bisa dilihat bagaimana struktur atau cara pemajakannya pun harus semakin sesuai dengan perubahan struktur perekoman tersebut,” katanya melalui diskusi dengan wartawan, Jumat (4/6/2021).

Febrio menjelaskan bahwa pemerintah telah melakukan penyesuaian secara bertahap. Salah satunya dengan mengenakan pajak pada sektor ekonomi digital.

Reformasi perpajakan, papar Febrio, tidak hanya dilakukan oleh Indonesia. Ini sudah sesuai dengan pengalaman terbaik di seluruh dunia.

“Contohnya itu memang terjadi sekarang di G-20. Ada pembahasan bagaimana cara pemajakan yang semakin konsisten antarnegara baik pilar 1 maupun pilar 2,” jelasnya.

Oleh karena itu, Febrio menuturkan bahwa revisi UU KUP merupakan bagian dari proses reformasi perpajakan. Harapannya, konsolidasi fiskal semakin kuat tidak hanya untuk waktu yang pendek, tapi jangka panjang.

“Struktur perpajakan kita harus semakin sesuai dengan struktur perekonomiannya,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

g20 bkf uu kup reformasi pajak
Editor : Hadijah Alaydrus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top