Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Indeks Jasa China Melambat pada Mei 2021

Meski membutuhkan waktu yang lama untuk pulih, perbaikan konsumsi telah memacu aktivitas jasa di China dengan melibatkan perusahaan skala kecil dan swasta.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 03 Juni 2021  |  13:15 WIB
Indeks Jasa China Melambat pada Mei 2021
Ekonomi China. - Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Ekspansi sektor jasa China melambat pada Mei 2021 akibat lemahnya permintaan luar negeri dan meningkatnya beban biaya yang menekan bisnis.

Dilansir CNA, Kamis (3/6/2021), indeks Purchasing Managers' Index Caixin/Markit sektor jasa turun menjadi 55,1 pada Mei, turun dari 56,3 pada April lalu. Meski turun, indeks tersebut masih menunjukkan adanya ekspansi.

Melambatnya ekspansi sektor jasa diakibatkan oleh turunnya permintaan luar negeri seiring dengan pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Indeks PMI Caixin bertolakbelakang dengan data pemerintah yang menunjukkan ada peningkatan kinerja sektor jasa di China pada Mei tahun ini.

Meski membutuhkan waktu yang lama untuk pulih, perbaikan konsumsi telah memacu aktivitas jasa di China dengan melibatkan perusahaan skala kecil dan swasta.

Berdasarkan data survei Caixin, pertumbuhan total pesanan baru tergelincir dan perusahaan jasa menambah jumlah staf secara bertahap selama 3 bulan berturut-turut.

“Pasokan jasa dan permintaan terus melanjutkan tren perbaikan selama 13 bulan terakhir, meski lajunya masih lambat jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” kata ekonom senior Caixin Insight Group Wang Zhe.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jasa ekonomi china

Sumber : CNA

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top