Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Serapan Tenaga Kerja Masih di Zona Go Or No Go, Ekonom: Insentif Fiskal Jalan Keluarnya!

Hal tersebut menjadi indikator kuat yang bisa dianalisis sebagai penyebab timpangnya penyerapan tenaga kerja RI selama semester I/2021.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 30 Mei 2021  |  20:45 WIB
Pencari kerja mendaftar di salah satu stan perusahaan pada Job Market Fair 2018 di Klaten, Jawa Tengah. - ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho
Pencari kerja mendaftar di salah satu stan perusahaan pada Job Market Fair 2018 di Klaten, Jawa Tengah. - ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

Bisnis.com, JAKARTA - Belum sempurnanya penyerapan tenaga kerja di Tanah Air dinilai merupakan dampak langsung dari tren pemulihan ekonomi yang berlangsung. Insentif fiskal pun dinilai sebagai satu-satunya jalan untuk menyelamatkan dunia usaha yang masih merangkak.

Ekonom Universitas Indonesia (UI) sekaligus Direktur Eksekutif Next Policy Fithra Faisal Hastiadi mengatakan hal tersebut menjadi indikator kuat yang bisa dianalisis sebagai penyebab timpangnya penyerapan tenaga kerja RI selama semester I/2021.

"Sebab, kepulihan sektor industri menjadi hal yang berdampak langsung terhadap penyerapan tenaga kerja," ujarnya, Minggu (30/5/2021).

Fithra menilai saat ini dunia usaha di Tanah Air sedang dalam zona go or no go. Dengan demikian, sambungnya, belum meratanya kontribusi industri terhadap pertumbuhan ekonomi nasional bukanlah hal yang aneh.

Namun, pemerintah diharapkan tidak mengendorkan upaya untuk menyelamatkan dunia usaha serta mengambil langkah yang akurat dan efektif.

Menurut Fithra, insentif fiskal menjadi satu-satunya kunci yang bisa digunakan untuk membuka pintu keluar bagi sektor industri yang sampai dengan saat ini masih terdampak pandemi.

Namun, penyerapan yang lambat untuk insentif fiskal dikatakan masih menjadi tantangan utama bagi pemulihan dunia usaha. Pemerintah harus turun tangan ke level implementasi untuk menangani hal tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

insentif fiskal
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top